Gambar_Langit Gambar_Langit

Sering Banjir Saat Hujan, Kades Simpangan Harapkan Siring Pasang

waktu baca 2 menit
Rabu, 4 Nov 2020 20:09 0 123 Admin Pelita

OKU Selatan, Pelita Sumsel – Sebagian wilayah Desa Simpangan, Kecamatan Simpangan Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Selatan, terutama jika saat musim penghujan sering banjir.

Tumpahan air hujan acapkali memasuki tempat pemukiman sebagian penduduk atau rumah warga yang ada di Desa setempat khususnya yang tinggal di sekitar tepi jalan Provinsi Sumatera Selatan, karena belum adanya drainase atau siring pasang sehingga menyebabkan saat hujan turun aliran air tidak lancar.

Berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemerintah desa (Pemdes) Simpangan untuk mengatasi persoalan sering terjadinya banjir di tempat pemukiman penduduk yang tinggal di tepi jalan provinsi wilayah Desa Simpangan, salah satunya yaitu mengajukan proposal untuk pembangunan siring pasang kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan, baik melalui Pemerintah Kabupaten atau perwakilan Dewan Provinsi Dapil OKU Selatan dengan harapan agar permasalahan banjir yang terjadi akibat tidak lancarnya aliran air hujan selama ini di wilayah desa setempat bisa teratasi.

Pengajuan proposal ke Pemerintah Provinsi dikarenakan pemdes Simpangan beranggapan titik lokasi tempat siring pasang yang akan dibangun tersebut merupakan wilayah dari kewenangan Pemerintah Provinsi sehingga jika dibangun menggunakan dana lainnya seperti Desa Desa di khawatirkan akan menyalahi aturan .

Dihadapan Pjs Bupati Kabupaten OKU Selatan Nora Elisya yang melaksanakan kunker ke kantor Kecamatan Simpang, Kepala desa Simpangan Erhanudin, menyampaikan permasalahan tentang banjir yang terjadi dan disebabkan belum adanya siring pasang agar dibantu oleh Pemerintah daerah kabupaten OKU Selatan terutama oleh Pjs Bupati untuk mencarikan solusi mengatasi permasalahan yang masih terjadi di wilayah desa simpangan hingga saat ini tersebut.

“Proposal usulan pembangunan siring pasang di tepi jalan provinsi wilayah desa simpangan telah pernah kami buat serta sampaikan melalui anggota dewan provinsi, mohon izin untuk dibantu Bu bupati agar siring pasang tersebut segera dibangun, sehingga permasalahan yang terjadi bisa diatasi,” ujar Kades Simpangan saat menyampaikan usulan pembangunan siring padang serta keluhan banjir dari warga desa simpangan saat acara kunker bupati di Kantor Camat Simpang, Rabu (4/11).

Nora mengatakan, menanggapi usulan dari Pemdes Simpangan tentang perlunya dibangun siring pasang di tepi jalan provinsi Desa Simpangan untuk mengatasi banjir saat hujan, dirinya meminta Pemdes Simpangan agar bisa membuat kembali proposal tersebut dalam waktu dekat, untuk dibantu Pemda yang diusulkan kepada Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan.

“Pemdes Simpangan juga disarankan agar juga bisa meminta bantu melalui para anggota DPRD dapil OKU Selatan yang ada saat ini,” pungkas Bupati Pjs. (DK)

LAINNYA