Gambar_Langit Gambar_Langit

Pj Gubernur Janji Segera Renovasi Bangunan Asrama SMAN 3 Kayuagung OKI yang Terbakar

waktu baca 3 menit
Rabu, 8 Mei 2024 22:12 0 21 Redaktur Romadon

 

OKI, Pelita Sumsel -Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni berjanji akan segera merenovasi bangunan Asrama SMA Negeri 3 Kayuagung yang terbakar. Hal ini diungkapkannya saat meninjau langsung lokasi bekas kebakaran Asrama Putra SMA Negeri 3 Kayuagung, Ogan Komering Ilir, Sumatera Selatan, Selasa (7/5/2024).

Nantinya akan dilakukan pergeseran anggaran melalui Belanja Tak Terduga (BTT) guna merenovasi bangunan tersebut. Oleh karena itu, Fatoni menugaskan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi untuk melakukan perhitungan dana yang dibutuhkan setelah itu baru melakukan proses pergeseran anggaran.

“Tahun ini langsung dilakukan perbaikan kita langsung proses. Kalau prosesnya ini sudah berjalan langsung, ada proses perencanaan, ya bulan-bulan ini bisa dilaksanakan,” ucap Fatoni.

“Taksiran dana sekitar Rp 2 miliar lebih. Kita akan renovasi tidak merobohkan, tetapi yang bisa dimanfaatkan tetap kita manfaatkan. Jadi akan kita perbaiki,” sambungnya.

Fatoni mengatakan pemerintah harus hadir di tengah masyarakat guna melihat dan memastikan apa yang menjadi kebutuhan. Oleh karena itu, pihaknya melihat langsung dari dekat kondisi bangunan asrama SMAN 3 OKI yang terbakar tersebut.

“Kalau ada kerusakan sarana prasarana seperti ini, tentu belum dianggarkan sebelumnya. Maka akan selalu melakukan pergeseran anggaran untuk memperbaiki asrama ini,” tegasnya.

Fatoni mengingatkan pihak sekolah untuk terus memantau dan memeriksa instalasi listrik secara berkala guna menghindari kejadian serupa. Kedepannya, dia juga akan memberikan bantuan berupa kebutuhan peralatan sekolah bagi siswa terdampak.

“Untuk jangka pendek, kita penuhi kebutuhan siswa-siswanya, Kemudian melengkapi alat-alat yang diperlukan yang prosesnya tidak terlalu lama,” ucap Fatoni.

Dalam kesempatan yang sama, Pj Bupati OKI Asmar Wijaya berterima kasih atas respon cepat Pj Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni beserta jajaran yang akan membantu perbaikan gedung asrama SMKN 3 Kayuagung OKI yang terbakar.

“SMA ini adalah sekolah dengan banyak peminat termasuk dari luar kota dan provinsi. Dan banyak menghasilkan alumni-alumni berkualitas serta banyak diterima di Universitas favorit, Akpol, Akmil, STPDN,” jelasnya.

Sementara itu, Kepsek SMAN 3 Kayuagung Anis Joko Santoso melaporkan kronologi gedung asrama SMKN 3 OKI terjadi pada Sabtu 4 Mei 2024 sekitar pukul 08 00 WIB. Kebakaran diduga karena korsleting listrik dikamar 36 lantai 2, akibatnya api menjalar hingga menghanguskan 24 kamar dan 11 kamar lainnya juga ikut terdampak.

“Alhamdulillah tidak ada korban jiwa. Pada saat kejadian terdapat 27 orang siswa yang menginap. Asrama ini biasanya digunakan oleh sekitar 162 siswa kelas 10 dan 11,” jelasnya.

Selain itu, Joko mengatakan sekolah tersebut mengalami sejumlah kerugian. Di antaranya gedung permanen terbakar, seragam sekolah, barang pribadi dan ratusan buku milik siswa hangus.

Dalam kesempatan ini, Pj Gubernur Agus Fatoni juga menyerahkan bantuan secara simbolis kepada perwakilan siswa berupa bantuan baju seragam sekolah, makanan dan peralatan alas tidur. Selain itu, dia juga menyerahkan uang tunai sebesar Rp 25 juta yang diberikan kepada pihak sekolah.

LAINNYA