Gambar_Langit Gambar_Langit

Alex Noerdin: Kades Harus Tahu Ada Asian Games di Sumsel

waktu baca 2 menit
Kamis, 10 Mei 2018 17:05 0 104 Redaktur Pelita Sumsel
# Pelantikan Pengurus Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia (APDESI)

Palembang, Pelitasumsel-Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin melantikan pengurus daerah Asosiasi Perangkat Desa Seleruh Indonesia (APDESI) periode 2018-2023 dan Sosialisasi Asian Games 2018 di gedung serbaguna Asrama Haji Palembang(10/5).

Menurut Alex, ada hampir 3.000 Desa di Sumsel, kalau semua Desa bagus berkat kepala desanya bagus pasti pemerintah daerah akan sangat terbantu. Begitu juga sebaliknya, kalau ke desanya jelek pasti karena kepala desanya jelek.

“Kades sangat penting, posisinya sangat penting, dia yang memimpin masyarakat di Desa dan dia yang mengamankan pembangunan yang dilakukan pemerintah di Desa, dengan pelantikan ini coba jadikan APDESI Provinsi Sumsel terbaik di Indoensia,” pinta Alex.

Sementara itu, Ketua Umum DPP APDESI, Suhardi Buyung, MY berharap melalui pelantikan pengurus APDESI Sumsel Desa, para Kades dan pelaku di Desa dapat lebih bersatu, tujuannya supaya bagaimana desa-desa dapat semakin maju.

“APDESI ini sudah ada sejak tahun 2005, dengan adanya kepengurusan yang dilantik menjadikan kekuatan dari para kepala desa dalam rangka komunikasi dan informasi antar desa,” ungkapnya.

Lanjut Suhardi Buyung, dengan adanya dana desa banyak kades yang mendapatkan teror dan intimidasi dengan berbagai alasan permasalahan seperti pemeriksaan keuangan dan lainnya, sedangkan tugas Kades sendiri sudah ada. Untuk itu melalui kepengurusan APDESI dapat menjadi kekuatan dalam mengatasi berbagai permasalahan di desa.

Ketua DPD APDESI Abi Kaswani melalui Bendahara DPD Nasrullah mengatakan bahwa Sumsel Sangat riskan sekali saat dana 1 milyar ini di gelontorkan, artinya kalu kemampuan kapasitas sdm kepala desanya tidak memungkinkan walaupun dia(kepala desa.red) tidak mengambil uang tersebut,tidak melakukan penyimpangan- penyimpangan dia bisa tersandung dalam hal pengelolaan dana tersebut.

“Terobosan-terobosan yang kita lakukan yang bekerjasama dengan kemendagri dan kemendes untuk melakukan traning center untuk kepala desa di seluruh Indonesia,khususnya Sumatera Selatan” ungkap Nasrullah.

Pengurus yang dilantik adalah Ketua DPD APDESI Sumsel dijabat oleh Abi Kaswani, Sekretaris, Pitersak Lito, Wakil Sekretaris, Agus Salim, dan Bendahara, Nasrullah. Pelantikan dihadiri langsung Ketua Umum DPP APDESI, Suhardi Buyung, MY dan Sekjen DPP APDESI, Ipin Arifin.(fly)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA