Home / DAERAH / LAHAT / Mahasiswa Unsri Kampanye Kesehatan Gigi

Mahasiswa Unsri Kampanye Kesehatan Gigi

Lahat, Pelita Sumsel – Menjaga kesehatan gigi dan mulut menjadi sangat penting bagi setiap orang. Bahkan, kondisi gigi yang bersih bisa menambah kepercayaan diri seseorang dalam menjalakan aktifitas sosial sehari-hari.

Hal inilah yang coba dilakukan sejumlah mahasiswa Universitas Sriwijaya (Unsri) di Desa Payo Kecamatan Merapi Barat Kabupaten Lahat.

Salah satu mahasiswa jurusan Kedokteran Gigi Unsri, Aliyah Saraswati mengatakan, edukasi kesehatan gigi tersebut bertujuan untuk meningkatkan kesadarab masyarakat Desa Payo terhadap kondisi gigi da mulut sejak dini.

“Kegiatan ini kita lakukan di dua tempat, yakni Puskesdes yang melibatkan ibu-ibu dan balita. Untuk di SDN 6 Desa Payo diperuntukkan bagi anak-anak,” paparnya.

Dijelaskan Aliyah, edukasi kesehatan gigi ini merupakan program individu yang dilakukan dalam proses Kuliah Kerja Nyata (KKN) Unsri angkatan ke-91 di Desa Payo.

“Kegiatan sendiri dilakukan dengan memberikan penyulusahan cara menjaga dan merawat gigi dengan baik dan benar. Diakhir acara kita lakukan sikat gigi bersama,” ucapnya.

Ditambahkannya, setidaknya ada sekitar 100 orang yang tetlibat dalam keguatan tersebut yang terdiri dari ibu-ibu, balita dan anak-anak.

“Kita berharap, masyarakat Desa Payo tau pentingnya merawat gigi dan mulai merawat gigi dengan baik dan bener,” harapnya.

Sementara itu, Ketua kegiatan Poskesdes sekaligus Bidan Desa Payo, Riza Nopriani mengungkapkan, kegiatan posyandu rutin dilaukan setiap bulan.

“Kebetulan ada mahasiswa KKN Unsri, jadi kita lakukan kegiatan edukasi kesehatan gigi juga,” akuinya.

Riza mengungkapkan, edukasi kesehatan gigi sangat perlu dilakukan agar masyarakat terbiasa hidup sehat terutama bisa merawat gigi dengan baik dan benar.(ril)

Advertisement
Bagikan Ini Di :