Gambar_Langit Gambar_Langit

Kunjungi Pasar Lemabang dan Pasar Sekip, Pj Gubernur Cek Harga Sembako

waktu baca 2 menit
Selasa, 20 Feb 2024 21:01 0 39 Redaktur Romadon

 

Palembang, Pelita Sumsel – Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel) Agus Fatoni mengecek langsung cek harga bahan pokok langsung ke pasar. Dia mengunjungi dua pasar tradisional sekaligus, yaitu Pasar Lemabang dan Pasar Sekip, Palembang, Sumatera Selatan, Senin (19/2/2024).

Berdasarkan hasil pantauannya di Pasar Lemabang, Fatoni mengatakan harga daging cenderung stabil namun sejumlah komoditi bahan pokok, seperti beras mengalami kenaikan. Kabar gembiranya, beras bermerek SPHP yang disuplai Bulog tidak mengalami kenaikan bahkan cenderung lebih murah dan paling diminati masyarakat.

“Bulog akan mensuplai terus beras SPHP. Masyarakat kalau mau beras yang murah dan harga yang stabil bisa beli beras SPHP,” ucap Fatoni.

Sebagaimana diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel bersama Kabupaten/Kota se-Sumsel menggelar Operasi Pasar Murah setiap hari Senin, Selasa dan Kamis. Selain itu, Pemprov Sumsel juga mengimbau TNI, Polri, BUMD dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bahkan desa dan kecamatan bisa menyelenggarakan kegiatan tersebut dengan pola yang sama.

“Karena Gerakan Pasar Murah ini adalah gerakan serentak maka bisa digelar setiap hari Senin Selasa dan Kamis,” jelas Fatoni.

Fatoni mengatakan saat ini harga ayam cenderung stabil, yaitu Rp 34 ribu/kilogram. Selain itu, harga cabai juga mengalami kenaikan terutama jenis cabai burung.

“Pola ini berulang setiap bulan ruwah menjelang Ramadhan, ada beberapa barang yang naik dan ketika puasa turun. Maka kami Pemerintah melakukan intervensi memberikan subsidi agar harga stabil,” ujar Fatoni.

Guna memudahkan masyarakat membeli sembako dengan harga terjangkau, Fatoni mengimbau mereka memanfaatkan Toko Kebutuhan Pokok (Toko KePo). Di sana, mereka dapat membeli kebutuhan pokok dengan harga murah di Kantor Dinas Kebutuhan Pangan Provinsi Sumsel. Selain itu, Pemprov Sumsel juga telah memetakan komoditas bahan pokok yang mengalami kenaikan.

“Kita petakan dan mana yang naik kita intervensi,” tegasnya.

Menurutnya, pasar murah ini akan terus menerus digelar guna mengatasi inflasi yang terjadi di Provinsi Sumsel. Oleh karena itu, Pemprov Sumsel bekerja sama dengan BUMN, BUMD melalui CSR agar menggelar pasar murah secara bersama-sama guna membantu warga mendapatan sembako murah. Fatoni memastikan bahwa stok sembako di Provinsi Sumsel sangat aman.

Selain mengunjungi pasar Lemabang, Fatoni juga meninjau Bazar Murah yang digelar di Datasemen Kesehatan Wilayah (Denkesyah) 02.04.04 Palembang dalam rangka memperingati HUT Persit Kartika Chandra Kirana ke-78. Di lokasi ini, Pj Gubernur Agus Fatoni juga meninjau donor darah yang dilakukan prajurit TNI. Dalam kegiatan ini, Fatoni didampingi Kepala Biro Perekonomian Henky Putrawan, Plh Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel Henny Yulianti serta Wakil Pemimpin Perum Bulog Wilayah Sumsel dan Babel Elis Nurhayati.

LAINNYA