Gambar_Langit Gambar_Langit

Ini Caranya Agar Positif, Kreatif dan Aman di Internet

waktu baca 5 menit
Senin, 9 Agu 2021 22:04 0 201 Redaktur Romadon

 

Kayuagung Pelita Sumsel – Dalam rangka mewujudkan masyarakat Indonesia yang paham akan Literasi Digital, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengadakan kegiatan Literasi Digital untuk meng edukasi dan mewujudkan masyarakat agar paham akan Literasi Digital lebih dalam dan menyikapi secara bijaksana dalam menggunakan digital platform di 77 Kota / Kabupaten area Sumatera II, mulai dari Aceh sampai Lampung dengan jumlah peserta sebanyak 600 orang di setiap kegiatan yang ditujukan kepada PNS, TNI / Polri, Orang Tua, Pelajar, Penggiat Usaha, Pendakwah dan sebagainya.

4 kerangka digital yang akan diberikan dalam kegiatan tersebut, antara lain Digital Skill, Digital Safety, Digital Ethic dan Digital Culture dimana masing masing kerangka mempunyai beragam tema.

Sebagai Keynote Speaker, Bupati Kabupaten Ogan Komering Ilir Utara yaitu H. Iskandar, SE., memberikan sambutan tujuan Literasi Digital agar masyarakat cakap dalam menggunakan teknologi digital, bermanfaat dalam membangun daerahnya masing masing oleh putra putri daerah melalui digital platform. Bp. Presiden RI, Bapak Jokowi juga memberikan sambutan dalam mendukung Literasi Digital Kominfo 2021.

Davita Variani PSIKOLOGI HT Manager Cybers Group dan Direktur SDM & Pengembangan PT. Talenthub Digital Indonesia, memaparkan tema “POSITIF, KREATIF, DAN AMAN DI INTERNET”. Dalam pemaparannya, Davita menjelaskan manfaat internet positif ialah segala informasi dapat diakses dengan mudah, pertemanan, dan relasi dapat mudah terjalin, kesempatan mendapat kerja dan wirausaha menjadi mudah sehingga dapat meningkatkan taraf kesejahteraan hidup. Untuk mendapatkan manfaat yang lebih, masayarakat perlu memutar otak untuk lebih kreatif dalam menghasilkan karya yang inovatif dan bermanfaat. Pekerjaan kreatif yang banyak dibutuhkan, meliputi pemasaran digital, influencer, youtuber, vlogger, desainer, dan konten kreator.

Alasan mengapa perlu kreatif, positif, dan aman di internet adalah karena internet sangat banyak pengaruhnya dan semua orang dapat mudah mengaksesnya. Banyak konten positif atau manfaat di internet, tetapi banyak pula konten negatif di internet, seperti pornografi, penipuan, dan kejahatan internet. Langkah-langkah yang perlu dilakukan agar aman di internet, antara lain tidak membagikan password, mengurangi akses internet yang tidak bermanfaat, serta tidak membagikan hoax yang menimbulkan kerugian orang lain.

M Yunus Dosen Politeknik Negeri Jember dan RTIK Jember). Yunus mengangkat tema “MAIN AMAN SAAT BELANJA ONLINE” menerangkan perbedaan online shop, e-commerce, dan marketplace. Online shop, menjual produk sendiri dan umumnya dapat ditemukan di media sosial. E-commerce, mewadahi banyak produk dari banyak penjual. Serta, marketplace, hanya menjual brand pribadi. Kelebihan dan kekurangan belanja. Kelebihan belanja online ialah, praktis dan efisien, pilihan yang bervariasi, banyak promo atau diskon, dan sistem pembayaran mudah. Kekurangan dalam belanja online ialah bisa mengganggu manajemen keuangan, barang yang diterima tidak sesuai ekspetasi, cenderung membeli barang yang tidak diperlukan, dan rawan penipuan.

Ciri-ciri penipuan online berupa, akun media sosial baru dibuat, mematikan kolom komentar, harga barang jauh lebih murah, dan informasi produk sedikit. Alur belanja online aman antara lain, hindari penggunaan wifi publik, gunakan situs belanja terpercaya, pilih seller dengan reputasi terbaik, perhatikan deskripsi produk dengan teliti, gunakan rekening khusus, serta simpan bukti transaksi.

Sesi BUDAYA DIGITAL, oleh Sony Oktapriandi Ketua APJII Sumsel, Ketua IAII Sumsel, dan Dosen Politeknik Negeri Sriwijaya). Sony mengangkat tema “PERAN LITERASI DIGITAL UNTUK MENGUBAH MINDSET KONSUMTIF MENJADI LEBIH PRODUKTIF” menjelaskan literasi digital merupakan kemampuan dan wawasan seseorang dalam aspek pemanfaatan teknologi digital, alat komunikasi, membuat dan mengevaluasi informasi dengan sehat dan cermat, serta patuh kepada hukum dalam kehidupan. Manfaat literasi digital, meliputi kegiatan mencari dan memahami informasi dapat menambah wawasan individu, meningkatkan kemampuan verbal, meningkatkan kemampuan individu untuk lebih kritis dalam berfikir serta memahami informasi, dapat meningkatkan daya fokus serta konsentrasi individu, dan dapat meningkatkan kemampuan individu untuk lebih kritis.

Hal yang perlu dilakukan pada era digital agar dapat terus berkembang, diantaranya kreativitas, santun, mempelajari hal baru, menyaring informasi, serta menyalurkan bakat dan hobbi. Cara menjadi produktif, antara lain motivasi yang kuat, pola pikir yang tepat seperti produktif, kreatif, dan positif, serta lakukan saja. Contoh menjadi produktif, dengan cara menjadi reseller toko online, membuat usaha online, menjadi konten kreator, jasa desain grafis, dan jasa titip.

Narasumber terakhir pada sesi ETIKA DIGITAL, Misbahul Munir, Dosen STAI Ash-Shiddiqiyah Lempuing Jaya OKI dan Sekjen Kaukus Aliansi Kebangsaan) Muni mengangkat tema “PERAN DAN FUNGSI E-MARKET DALAM MENDUKUNG PRODUK LOKAL” membahas e-market merupakan bentuk strategi pemasaran produk baik barang maupun jasa dengan menggunakan media elektronik atau internet. E-market memiliki beberapa fungsi, antara lain menemukan pembeli dan penjual secara langsung untuk bernegosiasi, sebagai fasilitas perputaran barang dan jasa, menyedia infrastruktur guna mencapai efisiensi pasar, serta dapat menjadi salah satu media atau alat untuk mengekspansi pasar.

Kelebihan e-market, antara lain mampu menjangkau semua lapisan konsumen, membangun hubungan jangka panjang dengan pelanggan, kemudahan dalam berkomunikasi, serta memudahkan dalam mencari referansi barang yang akan dibeli. Produk lokal merupakan suatu produk yang terbuat dari bahan yang berasal dari dalam negeri, tenaga kerjanya berasal dari dalam negeri, produk tersebut menggunakan merk lokal, dan kepemilikan perusahaan lokal. Strategi pemasaran produk lokal, dengan cara tentukan target pemasaran online, kenali tipe produk terlebih dahulu, kolaborasi materi visual pemasaran, serta perhatikan gerak kompetitor saat berpromosi.

Webinar diakhiri, oleh FELICIA (Influencer dengan Followers 36 Ribu). Felicia menyimpulkan hasil webinar dari tema yang sudah diangkat oleh para narasumber, berupa langkah-langkah yang perlu dilakukan agar aman di internet, antara lain tidak membagikan password, mengurangi akses internet yang tidak bermanfaat, serta tidak membagikan hoax yang menimbulkan kerugian orang lain. Alur belanja online aman antara lain, hindari penggunaan wifi publik, gunakan situs belanja terpercaya, pilih seller dengan reputasi terbaik, perhatikan deskripsi produk dengan teliti, gunakan rekening khusus, serta simpan bukti transaksi.

Cara menjadi produktif, antara lain motivasi yang kuat, pola pikir yang tepat seperti produktif, kreatif, dan positif, serta lakukan saja. Contoh menjadi produktif, dengan cara menjadi reseller toko online, membuat usaha online, menjadi konten kreator, jasa desain grafis, dan jasa titip. Strategi pemasaran produk lokal, dengan cara tentukan target pemasaran online, kenali tipe produk terlebih dahulu, kolaborasi materi visual pemasaran, serta perhatikan gerak kompetitor saat berpromosi.(arl)

LAINNYA