Gambar_Langit Gambar_Langit

Juarsah Sapa Pengunjung Danau Shuji Lembak

waktu baca 3 menit
Minggu, 11 Okt 2020 21:59 0 113 Admin Pelita

#Danau Shuji Eks Markas Tentara  Jepang Disulap Jadi Obyek Wisata

Muara Enim, Pelita Sumsel – Pelaksna tugas (Plt) Bupati Muars Enim H Juarsah SH menyambut baik dan merasa bangga atas telah hadirnya sebuah lokasi obyek wisata bernuansa alami di Desa Lembak Kecamata Lembak Kabupaten Muara Enim yang dikelola dengan baik.

Rasa bangga kepada masyarakat Desa Lembak dan khususnya Pak Bob selaku pengelola Danau Shuji yang tadinya sebuah Danau biasa kini disulap menjadi Danau yang indah dan murah yang menjadi obyek wisata bagi masyarakat Sumatera Selatan serta apresiasi nya kepada Bung Bob yang dapat membangkitkan perekonomian masyarakat maupun menyerap tenaga kerja lokal khususnya warga Desa Lembak.

“Ya, saya mengajak agar masyarakat untuk menjadikan Danau Shuji ini sebagai salah satu objek wisata pilihan utama dan mari berliburlah ke Danau Shuji yang bernuansa alami ini,” ajak Juarsah ,yang berkesempatan menyapa pengunjung Danau Shuji dari berbagai daerah itu, Minggu (11/10).

Pengelola Danau Shuji Desa Lembak Kecamatan Lembak Kabupaten Muara Enim Bung Bob, mengungkapkan bahwa sejarah lokasi Danau Shuji awalnya dulu adalah lokasi markas tentara Jepang yang dipimpin oleh Shuji dan lokasi Danau Shuji ini ,dulunya juga ada lapangan terbang. “Terkait kunjungan Pak Gubernur Sumsel ke Danau  Shuji bersama Plt Bupati Muara Enim pada hari ini tentunya  sangat kami ucapkan terima kasih serta apresiaainya kepada Pemerintah Provinsi Sumsel dan Pemkab Muara Enim yang telah mempermudah terkait perizinan dan juga bantuan serta perhatian nya kepada Danau Shuji Lembak ini,” ungkap Bung Bob, sapaan akrabnya itu..

Plt Bupati Muara Enim H Juarsah SH didampingi Wakapolres Kompol Agung Adhitya Pranata SH SIK, Camat Lembak Elvik Fransiska SSTP beserta para kepala perangkat daerah menyambut kedatangan Gubernur Sumsel dan Ketua TP PKK sumsel Hj Febrita lustia HD beserta rombongan, melihat langsung Danau Shuji  di Desa Lembak Kecamatan Lembak Kabupaten Muara Enim Sumsel.

Sementara Gubernur Sumsel dalam pernyataannya usai berkeliling sejenak sekitar danau ini merasa terpesona dengan keindahan sekaligus penasaran atas keberhasilan danau shuji meningkatkan perekonomian masyarakat di Desa Lembak dan sekitarnya meskipun saat ini dimasa pandemi.

“Ya, membuat saya tertarik dan penasaran karena satu Desa dapat membangkitkan perekonomian Desa apalagi dimasa pandemi saat ini dapat menyerap 100 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah ( UMKM ) maupun perekonomian masyarakat,” terangnya.

Herman Deru juga mengharapkan pemerintah Kabupaten Muara Enim untuk memfasilitasi apa-apa yang menjadi kendala dari pengelola, terkait dengan fasilitas jalan masuk.

“Sgar pak bupati segera kirimkan proposal kepada saya, insha Allahakan saya layani, setidaknya akan dilakukan perkerasan terlebih dahulu agar masyarakat tidak kesulitan masuk kesini, saya juga telah bekerjasama dengan SMK melalui Dikbud untuk membuat repeater penguat sinyal, silahkan koordinasi dengan Dikbud agar Danau Shuji ini dapat dijadikan salah satu lokasinya karena saya lihat sinyal nya agak lemah” bebernya lagi.

Herman Deru juga berpesan agar masyarakat tetap menjaga budaya dan kearifan lokal. “Kearifan lokal juga harus tetap terjaga ditengah pesatnya pembangunan saat ini. Seperti contohnya kuliner. Tidak usah menyajikan kuliner kebarat-barat atau cepat saji, cukup kuliner khas sini seperti Brengkes Tempoyak. Ini eksotis dan juga harus tetap dipertahankan dan dikembangkan.” tegasnya.

Ia berharap destinasi wisata Danau Shuji Lembak tersebut dapat menjadi contoh bagi desa-desa lain yang ada di wilayah Sumatera Selatan .

“Saya ingin ini menjadi contoh inspirasi bagi desa-desa yang lain sehingga bermanfaat bagi masyarakat sekitar yang ada,” tutup Gubernur Sumsel.

Di kesempatan yang sama anggota DPR RI, Percha Leanpuri,B.Bus yang sekaligus juga Duta Literasi Sumsel akan membantu pojok baca sebagai sarana edukasi terutama bagi anak-anak yang berkunjung ke Danau Shuji ini.(NVJ)

LAINNYA