Gambar_Langit Gambar_Langit

Mantan Pengamen Ini Jadi Kades Karang Agung di OKUS

waktu baca 2 menit
Selasa, 13 Apr 2021 22:48 0 103 Redaktur Romadon

OKU Selatan, Pelita Sumsel – Sosok Adi Guatama, Kepala desa Karang Agung Kecamatan Simpang Kabupaten Ogan Komering Ulu Selatan

Sebelum terpilih menjadi Kepala desa Karang Agung, Adi Remaja harus merasakan pahit getir kehidupan.

Kondisi orang tua yang memiliki ekonomi pas – pasan belum memaksa dirinya harus merantau ke Kota Palembang mengadu nasib.

Dari bekerja serabutan menjadi kenek bus kota serta mengamen di jalanan terpaksa di jalani oleh dirinya demi untuk bertahan hidup.

Diceritakan Adi, Empat tahun tinggal di kota Palembang, Adi kemudian memutuskan untuk kembali pulang kampung halaman Desa Karang Agung. Kondisi ekonomi yang masih sulit saat pulang kampung serta di tambah susahnya mencari pekerjaan di kampung halamannya

Suatu hari dirinya saat tinggal di kampung halaman karena tidak ada uang Adi memutuskan diri untuk berjalan kaki ke kota Muaradua untuk mencari pekerjaan agar bisa terus bertahan hidup minimal bisa tetap makan.

Saat di Kota Muaradua Adi menawarkan diri untuk menjadi pekerja Loper koran kepada salah satu perusahaan media cetak lokal yang ada di Kota Muaradua untuk di wilayah Kecamatan Simpang dan buana pemaca dan Nasib baik dirinya di terima kala itu.

Baru – baru bekerja menjadi loper koran tentu tidaklah mudah bagi adi memasarkan koran karena alasan pembeli tidak ada berita di wilayah kecamatan Simpang saat itu dan itu hampir membuat dirinya putus asa

Dengan akal yang ada adi menyiasati agar mendapatkan pelanggan dan pembeli koran di Kecamatan Simpang, karena belum ada wartawan khusus perusahaan di wilayah Kecamatan simpang setiap ada kegiatan di wilayah Kecamatan, dirinya mengirim setiap kegiatan yang ada di wilayah tersebut ke kantor, pihak kantor tempatnya bekerja membuat berita kegiatan yang ada.

Lambat laun koran yang di pasarkan mulai di minati oleh para pembeli dan mulai ada pelanggan di wilayah Kecamatan Simpang.

Dari kebiasaan mengirim data kegiatan serta belajar menulis dan atas bimbingan belajar menulis dari kantornya Adi kemudian di percaya oleh perusahaan tempatnya bekerja saat itu untuk di perbantukan menjadi wartawan untuk meliput di wilayah Kecamatan Simpang beberapa tahun.

Saat bekerja di media selaku wartawan adi banyak mengenal pejabat di Kabupaten saat di percaya juga meliput di kabupaten terutama capil banyak masyarakat meminta bantuan dirinya untuk mengurus kTP dan KK di kantor capil.

Singkat cerita saat ada pemilihan kades atas jasa dirinya yang banyak membantu masyarakat saat mencalonkan diri kemudian ia terpilih atau menang menjadi kades.(DK)

LAINNYA