Gambar_Langit Gambar_Langit

Tiga Bulan Tak Terima Gaji, Ribuan Karyawan PT P Minanga Ogan Unjuk Rasa Di Kantor DPRD OKU

waktu baca 2 menit
Kamis, 3 Sep 2020 16:17 0 101 Admin Pelita

OKU, Pelita Sumsel – Ribuan karyawan PT Perkebunan Minanga Ogan mendatangi kantor DPRD OK, kedatangan ara karyawan ini untuk menggelar aksi unjuk rasa menuntut agar pemerintah Kabupaten OKU bersama DPRD OKU membantu memberikan solusi untuk mendapatkan hak mereka berupa gaji 3 bulan yang belum dibayarkan oleh Pihak Perusahaan, Kamis ( 3/9).

Selian gaji 3 bulan, ribuan karyawan ini juga menuntut pembayaran THR yang baru dibayarkan 50 persen oleh pihak perusahaan . “Kami meminta pemerintah dan DPRD OKU membantu kami dalam mendaatkan hak kami,” kata salah satu peserta aksi.

Ribuan karyawan yang berunjuk rasa ini ditemui langsung oleh Bupati OKU Drs Kuryana Aziz dan Kapolres OKU AKBP Arief Hidayat Ritonga. Disampaikan Kuryana, bahwa pemkab OKU telah melakukan upaya dalam memperjuangkan hak para karyawan.

“Kami Pemkab OKU sudah sangat Paham dengan kondisi yang dialami oleh para karyawan, kamui sudah mendesak pihak managemen perusahaan untuk mengambil langkah penyelesaian,” tegas Kuryana dihadapan para peserta Aksi.

Menurut Bupat, ada tiga opsi yang ditawarkan oleh pihak perusahaan dan pemkab OKU, diantaranya perusahaan mengupayakan pinjaman kepada pihak ketiga untuk menalangi pembayaran gaji karyawan atau perusahaan memberikan kuasa kepada karyawan untuk memanen buah sawit dan menjualnya, hasilmnya untuk membayar gaji karyawan.

“Tapi jika opsi tersebut tidak diterima, kami pemkab OKU tidak bisa lagi mengupayakan, jadi langkah terakhir silahkan menempuh jalur hukum,” tegas Bupati.

Sementara itu Kapolres OKU AKBP Arief Hidayat Rionga SIK MH meminta agar para karyawan untuk berpikir secara dingin untuk mencari solusi yang terbaik, “jika ada kesepakatan kami siap mengawal, begitu juga jika akan menempuh proses hukum kami juga siap mengawal,” tegas Kapolres.

Ribuan Karyawan Minanga Ogan bersama serikat pekerja menyepakati untuk melakukan panen buah sawit yang nanti akan diakomodir oleh pihak perusahaan, hasil penjualan buah sawit akan diperuntukan membayar gaji karyawan. (AND)

LAINNYA