Gambar_Langit Gambar_Langit

Job Manggung Hilang, Bantuan Sembako Pun Datang

waktu baca 2 menit
Kamis, 2 Jul 2020 11:52 0 88 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel – Semenjak dinyatakannya covid-19 sebagai pandemi di dunia, putaran perekonomian pun seakan terhenti, sendi – sendi dan geliat hiruk pikuk kota senyap tak berbekas.

Kenyataan ini, mengharuskan setiap pekerja harus menutup keran nafkahnya, mengikuti aturan untuk menghentikan wabah covid-19.

“Yang paling terasa itu kita kehilangan job” kata Ridwan Effendi seniman teater asal Palembang ini, di Guns Cafe Palembang, Kamis (2/07/2020).

Pria yang akrab disapa Cek One ini, menceritakan, sebelum covid-19 ini, sudah banyak jadwal manggung atau istilahnya di pesan orang, terkadang beberapa belum ada uang muka, tiba-tiba wabah ini datang, semuanya jadi terhenti.

“Ya, kita tidak dapat memaksakan hal itu, karena semuanya kena dampaknya,” ujarnya.

Selama 4 bulan ini atau dimasa covid-19 ini, bantuan yang paling dirasakannya terhitung sudah 3 kali yakni dari Dewan Kesenian Palembang (DKP) dan 1 kali dari Pemerintah Pusat melalui Kementerian Pariwisata dalam bentuk sembako.

“Cuma satu yang kemarin belum ada beritanya yang bantuan 600 ribu sebulan itu yang belum dapat,” sambungnya.

Bantuan tersebut, tidak juga terlalu menutupi perekonomian selama 4 bulan ini, bukan berarti kita tidak mensyukuri, alhamdulillah disaat kita butuh bantuan itu datang.

Pria yang juga sekarang bekerja sebagai Ojek Online (Ojol) menjelaskan dibalik semua musibah ini alhamdulillah seniman-seniman Palembang yang dinaungi DKP menjadi lebih kompak, saling kasih informasi, saling memberi dan itu sangat terasa.

Harapan ke depan bagi para seniman ini inginnya Pemerintah tolonglah kami (seniman.red), diperhatikan ibarat dunia tanpa seni sepi. Berilah kami solusi untuk kami terus berkarya dan bisa menafkahi keluarga kami di bidang seni, dimasa pandemi ini.

“Tolong lah perhatikan kami, carikan kami solusi, untuk kehidupan kami dan bekerja lagi dibidang seni,” tutupnya. (FLY)

LAINNYA