Gambar_Langit Gambar_Langit

Larangan Mudik Lebaran, PT KAI Divre III Palembang Batalkan Seluruh Perjalanan KA Jarak Jauh

waktu baca 2 menit
Jumat, 24 Apr 2020 19:14 0 125 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel –

PT Kereta Api Indonesia (Persero) membatalkan perjalanan Kereta Api Jarak Jauh mulai tanggal 25 April 2020. Pembatalan perjalanan KA Jarak Jauh ini dilakukan, guna menindaklanjuti keputusan pemerintah atas larangan Mudik Lebaran 2020 untuk masyarakat, Jumat (24/04/2020).

“Berdasarkan PM 25 Tahun 2020 tentang pengendalian transportasi selama masa mudik Idul Fitri tahun 1441 H, dalam rangka pencegahan penyembaran corona virus ” ujar Manager Humas Divre III Palembang, Aida Suryanti, saat diwawancarai di kantornya.

Aida menjelaskan, pada 25 April 2020, KAI kembali membatalkan dua perjalanan KA Ekonomi Jarak Jauh dari dan menuju Stasiun Kertapati yakni Kereta Ekonomi Serelo dan Kereta Ekonomi Rajabasa.

“Total sejak 1 April 2020, saat ini KAI telah membatalkan sebanyak 5 perjalanan KA Jarak Jauh, dengan rincian Kereta Limeks Sriwijaya, Kereta Rajabasa rute Kertapati- Tanjungkarang (PP), Kereta Sindang Marga, Kereta Serelo rute Kertapati-Lubuklinggau (PP), dan Kereta Prabujaya rute Kertapati-Prabumulih (PP). “Kebijakan pembatalan perjalanan KA ini akan terus dievaluasi dari waktu ke waktu dengan mempertimbangkan perkembangan situasi di lapangan,” jelasnya.

Penumpang yang KA-nya batal berangkat akan dikembalikan bea tiketnya 100 persen. Penumpang akan dihubungi melalui Contact Center 121 dan dipersilakan untuk mengikuti petunjuk selanjutnya. Jika belum dihubungi, penumpang juga bisa membatalkan tiketnya sendiri melalui aplikasi KAI Access dan loket stasiun.

Pembatalan melalui aplikasi KAI Acces dapat dilakukan hingga maksimal tiga jam sebelum jadwal keberangkatan dan uang akan ditransfer paling lambat 45 hari kemudian. Adapun untuk pembatalan di loket stasiun dapat dilakukan di semua stasiun keberangkatan KA Jarak Jauh Lokal hingga maksimal 30 hari setelah jadwal keberangkatan dengan menunjukkan kode booking, dan uang akan langsung diganti.

Penumpang dapat menghubungi Contact Center KAI 121 melalui telepon di 021-121, email [email protected], atau media sosial @kai121 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut terkait perjalanannya.

“KAI memohon maaf bagi para penumpang yang perjalanannya tertunda akibat pembatalan perjalanan ini. Hal ini bertujuan untuk memutus penyebaran Covid-19 agar tidak menyebar luas,” tutup Aida. (sel)

LAINNYA