Gambar_Langit Gambar_Langit

Miliki PLTA Terbaik dan Tertua

waktu baca 2 menit
Selasa, 18 Des 2018 14:17 0 179 Redaktur Pelita Sumsel

Curup, Pelita Sumsel- Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) yang dimiliki PT PLN Sektor Dalkit UPDK (Unit Pelaksana Teknik Kebangkitan) Bengkulu memiliki dua secara full serta terbaik yakni PLTA Musi dan PLTA Tes.

“PLTA Musi yang merupakan terbesar di Indonesia serta PLTA Tes sebagai pembangkit listrik tertua di Sumatera dan kesemuanya terlaksana dengan tingkat keamanan yang maksimal.” ucap Kepala PT PLN Sektor Dalkit UPDK, Juliandra dihadapan Jurnalis peserta Media Gathering PLN, Selasa (18/12). diruang rapat utama UPDK Bengkulu.

Dijelaskan Julianda, PLTA Musi terbesar, PLTA Tes tertua sejak tahun 1923. PLTA Musi merupakan objek vital nasional yang menopang kelistrikan Sumatera pada umumnya

“Sebenarnya tidak boleh mendokumentasikan namun kali ini diperbolehkan untuk menyampaikan informasi bahwa mendapatkan listrik itu tidak mudah.
Kami full dari air disini,” tutup

Hal senada, Senior Manager sdm dan umum PLN UIW S2JB Feribawan menuturkan, PLTA Musi merupakan pertama dan terbesar di Indonesia dengan berada di 400 meter bawah tanah serta memiliki daya terbesar 3×7 mw.

“Peresmian tahun operasi pada 2006 bulan Februari silam. Intinya kami menginginkan kepuasan dari warga,” jelasnya.

Mengenai tinggkat keamanan, lanjut dia yang terdapat di dua PLTA tersebut khususnya PLTA Tes telah mencapai tingkat maksimal dengan sudah menerapkan SMK3, dimana untuk melaksanakan pekerjaan pihaknya sudah harus memetakan kondisi bahaya.

“Kondisi kerja ada satu fasilitas power house, dulu 10 jam di bawah tanah, kita menggunakan skema shif operator lokak, kini telah melakukan pentro, menggunakan dating memasang pen data hiperses sudah aman sekali lebih dari 10 jam, tapi kita tetap kerja selama 8 jam,” pungkasnya. (yf)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA