Gambar_Langit Gambar_Langit

29 – 31 Agustus Pemkot Gelar Lomba Perahu Bidar dan Hias di Sungai Musi

waktu baca 2 menit
Minggu, 18 Agu 2024 22:25 0 28 Redaktur Romadon

 

Palembang, Pelita Sumsel- Laksanakan tradisi dan menarik wisatawan datang ke Palembang. Pemkot Palembang,
akan mengelar lomba perahu bidar dan perahu hias disekitaran sungai musi pada 29 – 31 Agustus.

Lomba bidar dan perahu hias tersebut dilaksanakan untuk memeriahkan hari kemerdekaan ke 78 tahun.

Kepala Dinas Pariwisata Palembang Sulaiman Amin mengatakan semangat penonton untuk ramai ke Benteng Kuto Besak (BKB) atau Jembatan Ampera untuk lomba perahu Bidar berlayar di Sungai Musi cukup tinggi, namun sayangnya tingginya penonton tidak dibarengi dengan peserta lomba peragu bidar yang terus berkurang.

“Biasanya yang ikut lomba perahu bidar itu bisa mencapai 20 unit namun untuk sekarang baru sedikit yang mendaftar, Pemkot saja hanya punya sembilan,” ungkapnya, Minggu (18/8/2024).

Menurut Amin, hambatan yang dirasakan Pemkot sekarang untuk acara perahu bidar ini adalah jumlah unit perahu bidar yang minim karena untuk pembuatan dan perbaikan perahu bidar ini membutuhkan biaya yang cukup besar.

“Untuk saru unit pembuatan perahu bidar ini Rp 150 juta per unit. Papan dan pembuatannya membutuhkan cost yang cukup banyak,” katanya.

Lomba perahu bidar di Palembang dijadwalkan akan berlangsung pada 29-31 Agustus 2024. Agenda lomba selama tiga hari itu juga ditarget bisa menambah kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara ke Palembang dengan harapan tradisi daerah dapat dikenal global.

“Tahun ini di semester pertama 2024 wisatawan di Palembang sudah 2 jutaan dengan target hingga akhir tahun bisa di angka 2,3 juta. Lomba bidar ini targetnya wisatawan bisa datang sampai 35 ribu orang,” tutupnya.

LAINNYA