Gambar_Langit Gambar_Langit

Pertahankan Seni Kearifan lokal, STKIP Muhammadiyah OKU Timur Gelar PKM Seni Pertunjukan 

waktu baca 2 menit
Sabtu, 21 Nov 2020 05:47 0 253 Admin Pelita

OKU Timur, Pelita Sumsel – Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah OKU Timur menggelar kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Prodi Seni Pertunjukan, PKM ini mengangkat tema yang berjudul Pelatihan Kesenian bagi pelajar SLTA yang ada di OKU Timur. Jum’at (20/11/2020) di Kampus STKIP Muhammadiyah OKUT.

Kegiatan ini sendiri salah satu bentuk pengabdian untuk ikut mempertahankan nilai-nilai kesenian yang mempunyai ciri dan nilai khas kearifan lokal serta menjaga kelestarian kesenian tradisi yang ada di Kabupaten OKU Timur.

Ketua Prodi Seni Pertunjukan Zulidhan, S.Pd. M.Sn. STKIP Muhammadiyah OKU Timur menjelaskan, Kesenian merupakan salah satu bentuk budaya dari nilai-nilai yang terakumulasi dan menjelma menjadi suatu keindahan yang penuh dengan filosofi. Ditambah lagi saat ini masih banyaknya para pegiat seni yang masih mempertahankan seni yang memiliki ciri khas kearifan lokal.

“PKM Dosen ini menyisir siswa siswi di OKU Timur, sebagai sarana untuk memberikan materi pengembangan kemampuan peraktik bagi siswa siswi yang memiliki hobi kegiatan seni disekolahnya,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Galih Agam Ananta selaku ketua kelompok kegiatan PKM menambahkan, PKM-M merupakan Program Kreatifitas Mahsiswa berupa work shop kajian musik dan gerak tari yang memiliki seni khas di OKU Timur seperti seni tari sambut OKU Timur. “kegiatan ini sebagai sumbangsih mahasiswa tentang kepedulian untuk mengangkat materi seni tradisi lewat kajian ilmiah dan pemahaman,” katanya.

Lanjutnya, Dosen pembing sekaligus Karodi Pendidikan Seni Pertunjukan STKIP Muhammadiyah OKU Timur juga memberikan arahan agar kegiatan ini bisa segera direalisasikan di siswa dan guru di sekolah. “Setelah selesai pelatihan ini, peserta yang ikut agar segera membagi ilmunya di setiap sekolah yang ada di OKU Timur,” imbuhnya.

Tampak kegiatan PKM ini berlangsung dengan antusias tinggi. Terlihat dari animo para peserta yang mengikuti sejak pagi hingga sore, bahkan peserta mengharapkan kegiatan ini juga bisa masuk ke sekolah-sekolah mereka. Hadir di kegiatan ini, Ketua Prodi Seni Pertunjukan Zulidhan, S.Pd., M.Sn., Ketua LP3M Irawan Sukma, S.Pd., M.Sn. (ril)

LAINNYA