Gambar_Langit Gambar_Langit

Hasil Test Swab Keluar, Satu PDP Asal OKUT Yang Meninggal Positif Corona

waktu baca 2 menit
Minggu, 3 Mei 2020 20:00 0 117 Admin Pelita

OKU Timur, Pelita Sumsel – Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Kabupaten OKU Timur, yang meninggal dunia pada Kamis (30/4/2020) sekitar pukul 15.00 WIB di Rumah Sakit Charitas Gumawang Belitang OKU Timur, dinyatakan positif terinfeksi virus Corona atau Covid-19.

Hasil ini diketahui setelah test swab sudah keluar dan diumumkan secara langsung oleh Jubir Satgas Covid-19 OKU Timur Yakub, SKM didampingi Kasubag Humas Pemkab OKU Timur Zullahmi Wahyu Nugrahadi, SSTP dalam jumpa pers, Minggu (3/5/2020).

Menurut Yakub, pasien positif Corona itu memiliki riwayat perjalanan ke Bogor, Jawa Barat. Pasien ini pada 2 April lalu sempat mengalami gejala mirip Covid-19, batuk disertai flu dan langsung berstatus Orang Dalam Pemantauan (ODP). Kemudian setelah dinyatakan ODP selanjutnya dilakukan pengobatan dan isolasi mandiri di rumah dan pada 16 April dinyatakan sembuh.

Namun pada tanggal 26 April pasien tersebut dilarikan ke Rumah Sakit Charitas Gumawang karena pingsan dan ditangani sesuai dengan protokol Kemenkes RI. “Pihak medis melakukan perawatan secara intensif kepada pasien berinisial IJ ini selama tiga hari, namun pada 29 April pasien tersebut meninggal dunia,” katanya.

Dikatakan Yakub, IJ diketahui pernah kontak dengan 23 orang dan juga petugas medis di RS Charitas Gumawang. Dengan begitu 23 orang ini dilakukan karantina di rumah dan observasi. Sementara petugas medis dilakukan rapid test. Untuk saat ini sendiri jumlah ODP di OKU Timur sebanyak 319 orang, selesai pemantauan 288 orang dan yang masih dalam pemantauan sebanyak 31 pasien. Sedangkan untuk PDP sebanyak 11 kasus. “Pasien positif Corona ini berjenis kelamin laki-laki berinisial Ij (46). Almarhum merupakan warga Desa Sidogede, Kecamatan Belitang I, Kabupaten OKU Timur. Ada 23 orang yang saat ini sudah didata yang pernah kontak langsung dengan almarhum,” terangnya. (fah)

LAINNYA