Gambar_Langit Gambar_Langit

Bupati Banyuasin Resmikan Sistem Informasi Berbasis Digital di Desa Sidomulyo 

waktu baca 2 menit
Kamis, 29 Feb 2024 21:39 0 52 Redaktur Romadon

 

BANYUASIN, Pelita Sumse – Berkembangnya dunia digital dalam berbagai kebutuhan membuat Pemerintah Desa Sidomulyo, Kecamatan Air Kumbang, Kabupaten Banyuasin Sumatera Selatan tak ingin tertinggal dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi digital ini.

Kepala Desa Sidomulyo Rahmat SP mengungkapkan, bahwa pihaknya memang telah merencanakan pemanfaatan teknologi digital untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan bagi masyarakatnya dalam mendapatkan berbagai informasi dan berbagai pelayanan yang diinginkan masyarakat.

Rahmat SP juga berujar dengan hadirnya web desa dan aplikasi Digital Desa, masyarakat Desa Sidomulyo akan lebih mudah mendapatkan pelayanan administrasi umum karena bisa dilakukan dari rumah secara mandiri via online melalui handphone, publikasi Dana Desa, kependudukan, perpajakan, mengecek Bansos dan lain sebagainya.

Desa Digital dengan penerapan teknologi informasi adalah salah satu instrumen yang sangat penting guna menunjang program pembangunan Pemerintah Kabupaten Banyuasin yang dimulai dari Desa. “Keterbukaan dan kemajuan teknologi pada era digitalisasi ini harus bisa dirasakan oleh kita dan generasi berikutnya dalam pelayanan informasi publik dan akses yang mudah tanpa menyulitkan, ” jelas Pj. Bupati Banyuasin H. Hani Syopiar Rustam, SH, saat meresmikan Sistem Informasi Desa Berbasis Digital Desa Sidomulyo, Kecamatan Air Kumbang Rabu (28/02/2024).

Pj. Bupati Banyuasin H. Hani Syopiar Rustam, SH juga mengungkapkan digitalisasi desa bukan hanya sekadar tren, tetapi suatu keharusan untuk memastikan bahwa perkembangan teknologi merata hingga pelosok desa. Dapat kita lihat bersama bahwa desa-desa bukan lagi menjadi penerima teknologi, melainkan pelaku utama dalam menggali potensi dan menciptakan transformasi yang berarti.

Sementara itu pegiat dan pemerhati digitalisasi desa, Yogi S. Saputra yang hadir sebagai narasumber menekankan pentingnya bagi setiap desa memiliki teknologi digital seperti yang diterapkan di Desa Sidomulyo. “Selain dapat memberikan informasi secara online yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat, juga berperan sebagai sarana mempromosikan berbagai potensi unggulan yang dimiliki desa dan membuka peluang penguatan ekonomi masyarakat desa,” tutur Yogi.

 

LAINNYA