Gambar_Langit Gambar_Langit

Datangi Satu Persatu Rumah Warga Kebanjiran di 3-4 Ulu, Ratu Dewa Serahkan Bantuan

waktu baca 2 menit
Selasa, 30 Jan 2024 22:08 0 60 Redaktur Romadon

 

Palembang, Pelita Sumse – Diiringi cuaca hujan gerimis, Pj Walikota Ratu Dewa berjalan kaki meninjau dan membagikan bantuan beras kepada warga yang terdampak banjir di Lorong Prajurit Nangyu, Kelurahan 3-4 Ulu, Kecamatan Seberang Ulu I, Selasa (30/1/2024).

Ratu Dewa sengaja turun langsung ke lokasi banjir agar bisa merasakan seperti apa yang dirasakan oleh warganya yang sedang kesulitan, serta langsung membantu warga.

“Karena saya ingin merasakan bagaimana kalau ini di kondisi kita, suasana kebatinan psikologi ini kita tempatkan di diri kita,” ujarnya.

Terlihat dari pantauan di lokasi, ketinggian genangan air mencapai lutut orang dewasa, satu persatu rumah warga yang terdampak didatangi Ratu Dewa sambil menyerahkan bantuan.

Dalam kesempatan ini, Ratu Dewa juga berbincang sembari mendengarkan keluhan dari warga.

Pj Walikota Ratu Dewa mengatakan, sebanyak 30 kelurahan terdampak banjir yang tersebar di 13 Kecamatan.

Meski demikian, dijelaskanya bahwa hari ini ketinggian air sedikit lebih surut dibandingkan beberapa hari sebelumnya. Namun yang tetap meminta masyarakat untuk waspasa.

“Berdasarkan data dari BMKG air pasang naik sejak 3 hari yang lalu, di tambah lagi dengan air hujan serta kiriman dari Sungai Lematang, Ogan ke Palembang dan ini yang perlu diantisipasi,” jelasnya.

Untuk itu Ratu Dewa sudah menginstruksikan dengan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait maupun para Camat supaya segera turun ke lapangan membantu warga.

Terlebih lagi memang ada warga yang sudah tidak bisa tidur lagi di rumahnya masing-masing.

“Ketika saya kunjungan di Kecamatan Kertapati, di beberapa kelurahan disana saya langsung perintahkan Dinas Sosial untuk membuat dapur umum sehingga kita yang pro aktif jangan sampai masyarakat mengeluh dan hari ini juga saya turut membagikan Sembako ataupun beras pada warga,” bebernya.

Berdasarkan laporan yang diterima, Ratu Dewa menuturkan bahwa sekitar 800 warga terdampak di Lorong Prajurit Nangyu, Kelurahan 3-4 Ulu.

Namun memang ada sebagian yang sudah surut.

Terkait adanya prediksi banjir di kemudian hari, Ratu Dewa telah memerintahkan Dinas Sosial untuk pro aktif membuat dapur umum.

“Termasuk Dinas Kesehatan sudah saya minta untuk membuat posko datangi warga, setelah mendapat laporan dari para lurah dan camat para petugas puskesmas kita harus datang, apalagi kalau ada lansia yang sakit saya minta langsung dibawa ke rumah sakit,” tutupnya.

Setelah meninjau dan membagikan bantuan di Kelurahan 3-4 Ulu, Pj Walikota Ratu Dewa bersama jajaran langsung mengecek posko di Kelurahan 28 Ilir, Kecamatan Ilir Barat II.

Di lokasi itu sebanyak 52 Kepala Keluarga (KK) yang terdampak banjir dan juga diberikan sejumlah bantuan.

LAINNYA