Gambar_Langit Gambar_Langit

DPP ADKI Resmi Kukuhkan Korda ADKI Sumsel Periode 2023-2026

waktu baca 3 menit
Sabtu, 23 Sep 2023 17:56 0 111 Putra Pamungkas

Palembang, Pelita Sumsel – Setelah sempat kosong sejak 2021 lalu, kali ini Dewan Pengurus Pusat (DPP) Asosiasi Desa Kreatif Indonesia (ADKI) resmi kukuhkan kepengurusan Koordinator Daerah (Korda) ADKI Sumsel Periode 2023-2026 yang dinahkodai langsung oleh Muhammad Sulaiman.

Diketahui, ADKI atau Asosiasi Desa Kreatif Indonesia merupakan organisasi non profit yang bergerak aktif melakukan Pelatihan dan Pendampingan di Desa- Desa Kreatif.

ADKI memiliki Program unggulan 1000 Desa Kreatif Indonesia kolaborasi bersama Kemenparekraf RI dan Kemendes PDTT RI.

Di Juni tahun 2021 lalu, Wakil Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Wamendes PDTT) yang saat itu dijabat oleh Budi Arie Setiadi secara resmi lantik kepengurusan DPP ADKI.

Bahkan, Budi Arie Setiadi yang saat ini selaku Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) RI serta Menteri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno merupakan Ketua Dewan Pembina DPP ADKI.

“Hari ini kita telah mengukuhkan kepengurusan dari Sumatera Selatan dibawah komando bapak M Sulaiman. Bersama para pengurus, kita berharap Korda ADKI Sumsel bisa bersinergi dan kolaborasi bersama Pemerintah Provinsi, pastinya bersama Kementerian Komunikasi serta Kementerian Pariwisata Republik Indonesia,” kata Ketua DPP ADKI, Fikri El Aziz usai pengukuhan di Hotel Ibis Palembang, Sabtu (23/09).

Fikri berharap, dengan tangan kreatif Muhammad Sulaiman selaku Ketua Korda ADKI Sumsel, kedepan akan lebih banyak lagi tercipta desa-desa kreatif, khususnya di wilayah Provinsi Sumatera Selatan.

“Kalau untuk Sumsel di Kominfo kita punya program namanya desa-desa digital seperti sisi Internet masuk desa, ada sisi UMKM Level Up, Digital Talent dan program lainnya yang bisa dikolaborasikan dengan Kominfo,” ujarnya.

“Kalau di Kementerian Pariwisata kita punya program Apresiasi Kreasi Indonesia serta beberapa program terkait hak kekayaan intelektual yang intinya bisa membantu para UMKM di desa untuk naik kelas dari sisi Digitalisasi dan dari sisi pengembangan UMKM tersebut,” tambah Fikri.

Masih dikatakan Fikri, bahwa pihaknya juga telah menargetkan Korda ADKI Sumsel untuk dapat menciptakan 100 desa kreatif di Provinsi Sumatera Selatan dengan target eksekusi hingga akhir 2024.

“Mudah-mudahan dengan gerak cepat dari pak Sulaiman dan lainnya, desa-desa di Sumsel bisa dikembangkan untuk menjadi desa kreatif,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Koordinator Daerah ADKI Sumsel, M. Sulaiman menuturkan, bahwa pihaknya akan memaksimalkan apa yang menjadi program unggulan dari Kementerian.

Diungkapkan M. Sulaiman, pihaknya juga akan segera melakukan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) bersama seluruh pengurus, sehingga dapat segera menyalurkan setiap program dari Kementerian.

“Dan kita akan bersilahturahmi kembali dengan dinas-dinas terkait. Yang penting apa yang kita lakukan saat ini dengan niat yang baik untuk memajukan desa-desa atau daerah-daerah yang tertinggal di Sumatera Selatan khususnya,” kata Sulaiman.

Masih dikatakan Sulaiman, bahwa saat ini Literasi Digital dinilainya merupakan suatu hal yang sangat berkaitan dengan kesejahteraan masyarakat Sumatera Selatan.

“Kita juga memohon doanya kepada semua pihak agar apa yang kita lakukan menjadi kemanfaatan kedepan,” tutupnya.

Selain dihadiri langsung oleh Ketua DPP ADKI Fikri El Aziz, pengukuhan Korda ADKI Sumsel itu juga dihadiri secara virtual oleh Menkominfo RI, Budi Arie Setiadi, Sekretaris DPP ADKI, Perwakilan Kemenparekraf RI, serta Gubernur Sumsel melalui Kepala Dinas PMD Sumsel, Muhammad Senen Har.

Tidak hanya itu saja, pengukuhan Korda ADKI Sumsel Periode 2023-2026 itu juga dihadiri langsung oleh Perwakilan Pj Walikota Palembang, Perwakilan Dinas Kominfo Provinsi Sumsel, Dewan Pembina ADKI Sumsel Alvin Kennedy, Ketua Umum BPD HIPMI Sumsel Hermansyah Masrtari serta Ketua KADIN kota Palembang Akbar Alfaro. (***)

LAINNYA