Gambar_Langit Gambar_Langit

PT BPR Baturaja (Perseroda) Kembali Mendapatkan Penghargaan Tingkat Nasional.

waktu baca 3 menit
Senin, 26 Jun 2023 05:32 0 182 Admin Pelita

OKU, Pelita Sumsel – BPR Baturaja kembali mendapatkan penghargaan level nasional yaitu TOP 100 BPR Award versi majalah Infobank penghargaan ini diikuti oleh 1.449 BPR Seluruh Indonesia acara penganugerahan ini dilaksanakan di Casa Grand Ballrom Merlyn Park Jakarta, Jum’at (23/6/2023).

Meski berstatus sebagai pemain anyar di industri perbankan, namun sudah banyak prestasi yang ditorehkan oleh PT BPR Baturaja (Perseroda). Sebuah prestasi yang cukup membanggakan, terlebih karena BPR Baturaja merupakan BPR milik Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dengan usia yang paling muda.

Ketua Pelaksana Acara Juniarko Catur mengatakan Penjurian TOP 100 BPR 2023 dinilai dari berbagai aspek seperti pertumbuhan, permodalan, kualitas asset, rentabulitas, likuiditas dan efesiensi.

Pengumpulan data (laporan keuangan publikasi (LKP) BPR Periode September 2020 dan September 2022), hingga pengolahan data mulai dari laporan neraca, laporan laba rugi, dan laporan resiko keuangan. “Dari penilaian itu akan diketahui di mana posisi BPR Anda berada,” tandasnya.

Sementara itu Direktur Utama BPR Baturaja Januar Hertanto mengatakan Keberhasilan ini tak terlepas atas dukungan dari semua pihak terutama dukungan dari Pemerintah Kabupaten OKU selaku pemegang saham pengendali BPR Baturaja serta Nasabah Setia BPR Baturaja.

“Keberhasilan ini juga tak terlepas dari Kerja Keras Karyawan/Karyawati BPR Baturaja yang memiliki kreatifitas dalam memberikan ide-ide serta terobasan dan Inovasi dalam memajukan BPR Baturaja,” ucapnya.

Menurut Januar ada 11 inovasi bisnis yang telah dihadirkan oleh BPR Baturaja yaitu perbaikan Sistem, Perbaikan struktur organisasi. Pembagian wilayah area pemasaran, Penetapan jumlah pegawai bagian bisnis.

Kemudian Penetapan pola sistem penjualan. Penetapan target penjualan, Penetapan reward dan punishment. Pengunaan media promosi pemasaran. Perbaikan sarana transaksi. Perbaikan core banking system dan Perbaikan organisasi penunjang bagian bisnis. “Dengan inovasi inovasi inilah tak heran jika BPR Baturaja telah mampu menjadi BUMD penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD),” ujarnya.

Terobosan lain yang telah dilakukan oleh BPR Baturaja yaitu Pertama memberikan subsidi setoran awal gratis untuk Produk Simpanan Pelajar (Simpel), memberikan doorprize langsung produk sertifikasi guru, Mengunakan aplikasi LOS untuk mempercepat proses pencairan fasilitas kredit kepada konsumen,Menggunakan Virtual Account untuk mempercepat transaksi penyetoran dan transaksi uang.

“Dengan banyaknya inovasi dan terobosan ini tidak berlebihan jika Pj Bupati OKU H. Teddy Meilwansyah selaku pembina PT. BPR Baturaja (Perseroda) juga mendapatkan penghargaan pada saat acrara TOP Pembina BUMD yang dilaksanakan bebrapa bulan yang lalu,” imbuhnya

Dengan banyaknya prestasi tersebut, BPR Baturaja sudah banyak memberikan kontribusi bagi pemerintah daerah. Salah satunya, memberikan deviden kepada Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu pada tahun 2020, 2021 dan 2022.

“Sudah sejak 3 tahun terakhir, kami sudah memberikan deviden yang dibagikan dari laba bersih perusahaan, kita berharao kedepannya BPR Baturaja mampu tumbuh dan mampu berdaya saing sehingga bisa menjadikan BPR Baturaja menjadi lebih baik lagi kedepannya,” harapnya. (AnD)

LAINNYA