Gambar_Langit Gambar_Langit

Bupati Lanosin Launcing Beras Sebiduk Sehaluan Kualitas Premium Produksi Petani OKU Timur

waktu baca 3 menit
Rabu, 6 Apr 2022 22:26 0 94 Admin Pelita

OKU Timur, Pelita Sumsel – Bupati OKU Timur H.Lanosin ST didampingi Wakil Bupati HM Adi Nugraha Purna Yudha serta para Kepala OPD dan Forkompida melauncing Beras Sebiduk Sehaluan Produksi Perusahaan Umum Daerah (PUD) Agrobisnis dan Pengelolaan Logistik Daerah. Rabu (06/04) di Desa Triyoso Kecamatan Belitang.

Usai Launching Beras Sebiduk Sehaluan Bupati didampingi Direktur PUD menyerahkan beras yang sudah dibeli oleh para kepala OPD serta reseller.

Dalam sambutannya Bupati mengucapkan selamat kepada PUD karena hari ini produk beras Sebiduk Sehaluan telah resmi dilauncing. Selanjutnya Bupati meminta kepada jajaran PUD agar berupaya, produk-produk yang ada di PUD menjadi sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan juga menjadi bagian dalam mengurangi pengangguran di OKU Timur.

“Sebetulnya Beras ini sudah lama akan kita launcing namun sebelumnya terhambat di izin edar, dan alhamdulillah sekarang izin edarnya sudah ada,” kata Bupati.

Dengan sudah resminya produk Beras ini di Launcing serta sudah ada izin edar maka Beras ini juga sudah resmi bisa di pasarkan. Ditambahkan Bupati, selain untuk meningkatkan PAD, menekan angka pengangguran ada yang penting lagi dalam pengelolaan PUD ini seperti pada pengembangan bidang pertanian, Agrobisnis lainnya.

Namun di sisi lain Bupati juga ingin PUD ini bukan hanya sekedar bergerak di bidang bisnis, yang fokus hanya pada profit, tapi juga bagaimana caranya PUD bisa merubah minsed masyarakat yang selama ini memakai pola praktis dengan langsung menjual gabah, namun kedepan bagaimana mengajak kembali masyarakat untuk mengolah bahan baku sendiri seperti produk padi ini ada turunan seperti menghasilkan gabah, menir dan lainnya.

“Untuk itu perlu kerja sama dan sinergi dari berbagai pihak, baik OPD dan swasta. Sehingga nantinya produk-produk yang ada di PUD ini memiliki brand yang banyak diminati dan menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat. Yang jelas jangan sampai PUD ini membebani APBD. Harus sebaliknya. Dan mendorong pengelolaan pertanian, perikanan dan Agrobisnis lainnya semakin produktuf,” ujarnya

Ditempat yang sama direktur PUD Agrobisnis dan Pengelolaan Logistik Daerah Nardianto, S,Sos mengatakan, pihaknya berkomitmen berusaha terus maju melalui berbagai produktivitas yang ada. Diantaranya seperti saat ini produk Beras Premium dan medium Sebiduk sehaluan. “Kami berharap sinergitas dari semua pihak demi kemajuan PUD Agrobisnis dan Logistik” ujarnya.

Nardi menerangkan, di tahun 2021 PUD telah memproduksi Beras sebanyak, 100 ton sedangkan tahun 2022 per Maret ini sudah 50 ton yang semuanya dibeli dari hasil panen petani padi yang ada di OKU Timur. Untuk harga sendiri, jenis beras Premium akan dijual dipasaran per kilogram seharga Rp. 11.000 sedangkan jenis medium Rp. 9000.

“Kita akan terus melaku kerja sama dengan berbagai pihak untuk bidang pemasarannya demi kelancaran penjualan. Saat ini kita sudah menjalin kerja sama dengan beberapa reseler. Kita berharap semuanya lancar sehingga PUD mampu menjadi penyumbang PAD dan mengurangi pengangguran di OKU Timur seperti apa yang diharapkan pak Bupati,” kata Nardi. (adv/fah)

LAINNYA