Gambar_Langit Gambar_Langit

Inovasi Pelayanan Publik, Palembang Masuk Top 99 Menuju Top 45

waktu baca 2 menit
Jumat, 2 Jul 2021 21:15 0 107 Redaktur Romadon

 

Palembang, Pelita Sumsel – Setelah masuk dalam penilaian menuju Top 5 terkait Inovasi Pelayanan Publik dalam Inovasi Sekolah Filial (Selfi), Walikota Palembang H. Harnojoyo juga merasa bersyukur atas Inovasi Pembangunan
Instalasi TPS 3R di kota Palembang yang saat ini juga telah masuk pada Top 99 menuju penilaian Top 45.

“Itu juga kita persentasikan kepada tim Panelis dan mudah-mudahan akan berhasil,” kata Harnojoyo usai Presentasi dan Wawancara Kompetensi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2021bersama Tim Penilai Panel Independen melalui Video Conference
(Vidcon) di Rumah Dinas Walikota, Jalan Tasik Palembang, Jumat (2/7/2021)

Disampaikan Harnojoyo, dalam TPS 3 R Inovasi dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) kota Palembang yang dimiliki tersebut, juga terdapat kelebihan, salah satunya yaitu memilik ruang edukasi bagi masyarakat.

“Baik itu terkait dengan sosialisasi atau semacamnya untuk bagaimana mengelola sampah yang tadinya barang tidak berguna menjadi yang bermanfaat,” ujarnya.

Masih dikatakan Harnojoyo, bahwa Inovasi TPS 3 R yang saat ini dimiliki juga telah dapat menghasilkan tenaga surya atau tenaga mesin pencacah. “Dan bahan bakarnya itu bahkan melalui TPS itu sendiri,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Palembang, Alex Ferdinandus menjelaskan, bahwa Inovasi TPS 3 R tersebut sengaja dihadirkan guan memberdayakan masyarkat dalam pengelolaan sampah secara mandiri.

“Pemerintah itu pembinaannya saja, tetapi yang mengelolah itu masyarakat. Artinya ini untuk menumbuh kembangkan kesadaran masyarakat tentang pengelolaan sampah itu sendiri,” singkatnya. (DN)

LAINNYA