Gambar_Langit Gambar_Langit

Bulog Sumsel Pastikan Sembako dan Daging Aman saat Ramadhan

waktu baca 3 menit
Jumat, 2 Apr 2021 13:41 0 100 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel – Pimpinan Wilayah Perum Bulog Kantor wilayah (Kanwil) Sumatra Selatan (Sumsel) Bangka Belitung (Babel) Ali Ahmad Najih Amsari memastikan stok sembilan bahan pokok (sembako)dan daging aman saat Ramadhan dan Idul Fitri 1442 H (2021 M).

Menurut Aan, ketersediaan sembako dan daging di wilayah Sumsel Babel relatif stabil bahkan lebih dari cukup.

“Kita punya ketahanan stok 6 bulan lebih, sampai dengan ada penyerapan tentu akan bertambah terus. Kemudian, untuk kebuuhan sembako lain (gula, terigu, minyak goreng dan daging), kami juga sudah sediakan bahkan lebih dari cukup. Jadi untuk persiapan 2021 ini, kami perkirakan di era pandemi ini stok itu lebih dari cukup,” kata Aan.

Dari sisi stok, ia mengatakan bahwa di wilayah Sumsel Babel stok pangan bahkan daging sudah ada.

“Kalau masyarakat ingin mengakses komoditi dengan harga yang lebih terjangkau, kami sudah siapkan,” ujarnya.

Saat ini harga daging kerbau 73.000/kg sementara harga pasar 120.000/kg, kemudian daging sapi 87.000/kg sementara di pasar hampir 128.000/kg. Menurutnya, ada disparitas harga sekitar Rp.40.000. “Dengan menyediakan stok daging dan harga yang terjangkau, ini kan membantu masyarakat akan kebutuhan protein,” kata Pimpinan Perum Bulog Kanwil Sumsel Babel ini.

Ditegaskannya, untuk mengantisipasi terjadinya kerumunan massa, Bulog Sumsel telah pro aktif menginfokan ke masyarakat, baik melalui media sosial maupun SMS blast agar mereka (red: masyarakat) mengetahui informasi harga sembako sebelum terjadi lonjakan.

“Di era Pandemi Covid-19, banyak pembatasan-pembatasan yang harus kita jaga. Namun demikian kami siapkan saja, jika memang sesuai dengan protokol kesehatan Covid-19 untuk kebutuhan masyarakat, kami akan sediakan pasar murah atau pasar sembako,” kata dia.

Untuk tetap menjaga social distancing dan physical distancing, Bulog juga sudah memiliki sistem penjualan secara online yang akan memberikan kemudahan dalam pembelian kebutuhan pangan yang dibutuhkan masyarakat.

Untuk itu, Bulog Sumsel Babel hingga saat ini terus menyosialisasikan kepada masyarakat khususnya di wilayah Sumsel Babel dengan beragam platform, seperti radio talkshow, wawancara dengan media massa (cetak, online), bahkan melalui berbagai sosial media seperti instagram dan Facebook, SMS Blast hingga Whatsapp.

Menurut Aan, RPK ini sangat membantu warga apalagi saat pandemi Covid-19 melanda sejak setahun lalu.

“Bahkan, saat ini ada grup namanya Rumah Pangan Kita (RPK), itu semacam outlet di masyarakat (warung) tapi dia tersebar di seluruh kalangan, bukan hanya pedagang jadi semua bisa menjadi outlet kita. Sehingga dapat indikator harga naik tahu dari RPK,” kata dia.

Tak hanya beras, Bulog Sumsel Babel juga memastikan ketersediaan Gula Manis Kita dan Minyak Goreng Kita, Terigu Kita aman saat jelang puasa hingga lebaran tahun 2021.

Dirinya memastikan kualitas yang disediakan Bulog aman dan nyaman untuk dikonsumsi masyarakat.

“Kita menyajikan kualitas yang memang dibutuhkan pasar, sampai daging pun kita sediakan sertifikat halal nya. Untuk itu, masyarakat tidak perlu khawatir. Tak hanya kuantitas, tapi kualitas juga diperhatikan, termasuk tanggal kedaluwarsanya (expiry date) sehingga kita bisa menyajikan untuk masyarakat lebih sehat, aman, dan lebih nikmat,” pungkasnya. (Putri)

LAINNYA