Gambar_Langit Gambar_Langit

Kreatif, Bhabinkamtibmas di OKU Timur Ini Tekan Kejahatan Dengan Inovasi 

waktu baca 2 menit
Selasa, 9 Feb 2021 14:22 0 91 Admin Pelita

OKU Timur, Pelita Sumsel – Dalam rangka menekan tindak kejahatan dan melakukan pencegahan sejak dini, Polri terus memberikan pelayanan-pelayanan yang maksimal kepada masyarakat, pelayanan tersebut pun dikemas melalui berbagai inovasi untuk mengajak masyarakat turut berperan aktif dalam mendukung dan mewujudkan keamanan di lingkungan setempat.

Seperti di Kecamatan Belitang Madang Raya, tampak anggota kepolisian setempat memasang spanduk ajakan kepada masyarakat agar dapat terlibat dalam mendukung mewujudkan keamanan, bahkan pihak kepolisian pun menyiapkan Reward.

Dalam spanduk tersebut tertera bagi masyarakat yang menyampaikan informasi pelaku begal serta barang bukti, pelaku pemakai narkoba dan menangkap pelaku pencurian disertai barang bukti akan di hadiah dengan sejumlah uang tunai mulai dari Rp. 500.000 hingga Rp. 1.500.000. Di spanduk pun tertera nomor HP petugas Kepolisian.

“Reward tersebut untuk memotivasi masyarakat agar berperan aktif dalam mewujudkan keamanan. Mari kita ciptakan lingkungan Desa yang aman bebas dari Kejahatan,” ujar Briptu Marlionson selaku Bhabinkamtibmas yang meliputi 4 Desa di Kecamatan BMR Saat dikonfirmasi Selasa (09/02/2021).

Inovasi ini lanjut dia, merupakan inisiatif dirinya sendiri dan ini merupakan tindak lanjut perintah dari Kapolres OKU Timur AKBP Dalizon, agar setiap Bhabinkamtibmas di OKU Timur memiliki inovasi dalam upaya penenkanan dan pencegahan tindak kejahatan sejak dini.

“Kemarin kami dikumpulkan oleh pimpinan kami pak Kapolres agar Bhabinkamtibmas mendorong upaya penenkanan, pencegahan tindak kejahatan sehingga tindakan kejahatan itu sendiri berkurang dan tidak melalui ini saja, dengan segala cara,” katanya.

Pemasangan spanduk ini pun baru hari pertama di pasang, target nya pun kan di pasang secara menyeluruh di setiap desa. “Kami sampaikan ke masyarakat agar tidak sungkan-sungkan menyampaikan jika anda informasi tindak kejahatan, ini demi kita semua untuk mewujudkan keamanan bersama,” ujar Briptu Marlionson yang juga sebagai team Opsnal dan Buser Polsek Madang Suku 1.

Terpisah Toni Hidayat selaku tokoh pemuda setempat, mengapresiasi terhadap inovasi yang dipromotori oleh Bhabinkamtibmas Briptu Marlionson tersebut. Menurut Toni dirinya selaku pemudapun tentu akan mendukung terhadap upaya yang dilakukan oleh pihak terkait baik itu TNI Polri maupun lembaga lainnya.

“Tujuannya baik tentu kita dukung, Masyarakat tentu akan berperan aktif untuk mewujudkan keamanan, jika keamanan terwujud segala aktivitas tentu tidak terhambat,” ujarnya. (fah)

LAINNYA