Gambar_Langit Gambar_Langit

DYK Cabang Baturaja Manfaatkan Pekarangan Untuk Tanaman TOGA

waktu baca 2 menit
Minggu, 2 Feb 2020 12:56 0 227 Admin Pelita

OKU, Pelita Sumsel – Dharmayukti Karini (DYK) cabang Baturaja melakukan program pemanfaatan pekarangan rumah untuk menanam tanaman obat keluarga (TOGA). “Ya ini program DYK OKU untuk tahun 2020 ini, yakni pemanfaatan perkarangan rumah untuk penanaman TOGA,” kata Ketua DYK Cabang Baturaja Mega Arsan Fatrika SH saat dibincangi portal ini, Minggu (2/1).

Dikatakan Mega penanaman TOa ini sebenarnya telah dilakukann sejak 4 bulan yang lalu namun baru di launching pada Januari 2020 ini. Untuk program awal ini lanjutnya penanaman dimulai dari pekarangan rumah dinas Ketua Pengadilan Negeri (PN) Baturaja dulu sebagai contoh, Kedepannya akan diikuti oleh rumah dinas dan anggota DYK lainnya.

“Seharusnya program ini juga ada di disekretariat DYK yakni di Kantor PN Baturaja, namun karena keterbatasan lahan jadi kota buat di rumah dinas dulu,” ujarnya.

Disebutkan Istri dari Dennie Arsan Fatrika ini, sedikitnya ada sekitar 25 jenis tanaman TOGA yang ditanam oleh anggota DYK Cabanh Baturaja di pekarangan rumah dinas Ketua PN Baturaja, 25 jenis tanaman itu diantaranya jahe, jahe merah, kunyit putih, temulawak, tapak dara, sereh wangi, cabai jawa dan beberapa jenis tanaman TOGA lainnya.

Menurut Mega, selain untuk tanaman obat keluarga, TOGA ini juga bermanfaat untuk penghijauan perkarangan rumah. “jadi selain untuk kepentingan anggota itu sendiri sebagai tanaman konsumsi untuk kesehatan, kedepannya tidak menutup kemungkinan TOGA ini bisa menambah perekonomian bagi anggota DYK,” tandasnya (AND).

LAINNYA