Gambar_Langit Gambar_Langit

Babinsa Kodim 0405/Lahat Bantu Warga Atasi Banjir dan Longsor

waktu baca 2 menit
Kamis, 9 Jan 2020 11:39 0 122 Admin Pelita

Lahat, Pelita Sumsel – Anggota Babinsa Kodim 0405/Lahat membantu warga yang terdampak banjir dan longsor  yang terjadi Kamis (09/01) dini hari di jalan lintas Lahat Pagar Alam antara Desa Tanjung Mulak Kecamatan Pulau Pinang  dengan Desa Kedaton Kecamatan Pagar Gunung Kabupaten Lahat.

Tanah Longsor mengakibatkan akses jalan dari Lahat menuju pagar alam tidak dapat dilalui dan telah terjadi banjir di desa Tanjung sirih dan Desa Lubuk Sepang kec Pulau pinang akibat luapan air sungai Lim dan Sungai Lematang.

Longsor Tersebut Disebabkan oleh Curah yang cukup deras mulai pukul 01.00 WIB di seputaran Desa Tanjung Mulak dan Desa Kedaton sehingga mengakibatkan tanah longsor di seputaran tersebut terbawah arus air dan longsor sehingga longsor tersebut menutupi jalan Lintas Lahat pagar alam sepanjang lebih kurang 100 M sementara ini jalur tersebut belum bisa dilalui dan sementara jalur ke pagar alam di arahkan menuju Kecamatan Gumay Ulu Kabupaten Lahat.

Seperti rilis yang diterima pelita sumsel, Anggota Babinsa Kodim 0405/Lahat dan Bhabinkantibmas polsek setempat bersama masyarakat mendatangi TKP dan melaksanakan koordinasi dengan instansi terkait guna menunggu alat berat dari PU guna membersihkan longsoran tanah tersebut.

Menurut penjelasan dari Dandim 0405/Lahat Letnan Kolonel Kav Sungudi, saat ini anggota Babinsa dan dibantu oleh anggota bhabinkantibmas masih membantu para warga untuk menyelamatkan barang barang milik warga yang turut serta terendam oleh banjir.

“Diperkirakan ada puluhan rumah warga yang saat ini terendam banjir akibat luapan sungai tersebut. Kantor Desa juga turut terendam juga dan puluhan hektar sawah warga turut juga terendam,yang mengakibatkan tanaman padinya rusak. Untuk korban jiwa sementara waktu alhamdulilah tidak ada ujar Dandim Lahat. Dan untuk kerusakan yang diakibatkan oleh banjir ini belum bisa diperkirakan secara pasti’, ujar Letnan Kolonel Kav Sungudi. (jea)

LAINNYA