Gambar_Langit Gambar_Langit

Jaga Kualitas, Kerupuk Kempelang Kayuagung Banyak Peminat

waktu baca 2 menit
Selasa, 10 Des 2019 17:13 0 139 Redaktur Romadon

 

Kayuagung, Pelita Sumsel – Pembuatan makanan olahan Krupuk kempelang khas Kayuagung dari dulu sampai sekarang masih tetap bertahan. Bahkan menjadi incaran peminat makanan.

Siti Aminah(60 tahun) salah satu pembuat makanan olahan dari bahan baku Ikan warga kelurahan Paku Kayuagung ketika dijumpai di kediaman menuturkan, usaha tersebut sudah ditekuninya bertahun-tahun.

“Ya, usaha rumahan pembuatan krupuk kempelang sudah saya lakukan sejak puluhan tahun silam,”ungkapnya.

Masih kata ibu Siti, bukan hanya kerupuk dan kempelang saja yang saya buat masih ada yang lain,salah satunya tekwan,semuanya berbahan baku ikan.

Ia menambahkan, pada proses pembuatan kerupuk dan kempelang ataupun tekwan ini sangat lah mudah.

“Tidak banyak bahan yang digunakan untuk membuatnya, cukup dengan sagu,ikan gabus, air secukupnya dan garam,”jelasnya.

Lebih lanjut dikatakannya, yang perlu diperhatikan yakni pada proses memasak jangan sampai mentah didalam dan saat menjemur, jangan sampai kekeringan atau kurang kering agar tak jamuran.

“Jika itu kita lakukan, tentunya kualitas dan rasa krupuk kempelang menjadi kepuasan tersendiri bagi peminat makanan olahan tersebut,”imbuhnya.

Ia menambahkan, peminat kerupuk dan kempelang ini pun tidak hanya warga kayuagung melainkan orang-orang dari berbagai daerah.

“Kadang ada yang datang untuk oleh-oleh. Dan menjelang hari raya, tepatnya sepuluh hari mau menjelang hari raya sudah banyak yang mencari kerupuk dan kempelang bahkan ada juga yang memesan,”pungkas nya. (Arlan.F)

LAINNYA