Gambar_Langit Gambar_Langit

Tambah Wawasan Penggunaan Bahasa, Balai Bahasa Sumsel Berikan Penyuluhan Ke Wartawan OKU Timur 

waktu baca 2 menit
Rabu, 25 Sep 2019 15:57 0 84 Admin Pelita

OKU Timur, Pelita Sumsel – Puluhan wartawan yang bertugas di Kabupaten OKU Timur mengikuti penyuluhan Bahasa Indonesia yang diselenggakan Balai Bahasa Sumsel. Rabu (25/09/2019.

Kegiatan yang berlangsung selama empat hari di ruang Bina Praja II Pemkab OKU Timu tersebut, dibuka Bupati OKU Timur HM Kholid Mawardi SSos MSi yang diwakili Asisten I Drs Dwi Supriyanto MM.

Perwakilan Balai Bahasa Sumsel, Sukamto dalam sambutannya, mengharapkan melalui penyuluhan ini peserta dapat lebih mengenal dan memahami berbagai kaidah bahasa Indonesia, yang mencakupi kaídah ejaan, pembentukan dan pemilihan kata, penyusunan kalimat, serta penyusunan paragraf, sehingga dapat diterapkan di dalam kegiatan sehari-hari di lingkungan kerja masing-masing. “Kegiatan ini untuk menambah wawasan kehumasan dalam hal menulis menggunakan bahasa yang baik dalam dunia jurnalistik,” jelasnya.

Sementara itu, Asisten I Setda Pemkab OKU Timur Drs Dwi Supriyanto MM memberikan apresiasi tinggi kepada Balai Bahasa dan OKUT Pos yang telah menggelar sosialisasi Bahasa Indonesia di bidang jurnalistik. “Kadang kita saat ini tidak menghargai bahasa kita sendiri. Kita ada bahasa persatuan yaitu Bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu,” ujar Dwi.

Sementara itu GM OKUT Pos Purwadi SP meminta jurnalis dalam bekerja harus berpedoman dengan UU Pers dan kode etik. Banyak judul berita dan isi berita yang tayang itu dapat atau berpotensi untuk digugat karena cenderung memprovokasi orang lain. Hal ini bisa terjadi, karena kurangnya penguasaan terhadap Bahasa Indonesia secara utuh. “Seorang wartawan itu harus menulis secara terukur dan profesional, jangan sampai fungsi edukasi menghilang, hanya mengedepankan fungsi ekonomi saja. Kasus-kasus pencemaran nama baik itu banyak dilakukan oleh wartawan,” pungkasnya.(ril)

LAINNYA