Gambar_Langit Gambar_Langit

Smart SIM Dapat Tarik Uang Tunai dan Pembayaran Belanja

waktu baca 2 menit
Senin, 23 Sep 2019 20:55 0 137 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel – Smart SIM (Surat Ijin Mengemudi), Senin (23/9) dilounching di seluruh Indonesia secara serentak. Walau terdapat perbedaan fisik dengan SIM lama, namun proses pembuatan dan perpanjangan tetap seperti semula. Hal ini disampaikan Kasat Lantas Polresta Palembang, Kompol Arief Harsono melalui Kanit Reqident, Iptu Merry Agustin, kepada awak media.

“Ya, hari ini lounching serentak seluruh Indonesia. SIM pintar ini ‘gebrakan’ dari Korlantas Polri, berkerjasama dengan tiga Bank, yaitu Bank Mandiri, Bank BRi dan Bank BNI. Dalam SIM ini bisa dipergunakan juga untuk pembayaran tol, e-money atau kartu belanja di mini market, dengan syarat ada saldo minimal Rp 2 juta,” papar Merry.

Dikatakan Merry, untuk SIM yang sudah habis masa berlaku atau pembuatan SIM baru, masih tetap sama, hanya saja SIM Smart materialnya dilengkapi dengan chip pribadi yang bersangkutan. Karena dalam programnya dapat menampilkan catatan kejahatan kriminal ataupun pelanggaran dari pemiliknya.

“Baik perpanjangan ataupun buat baru, prosesnya sama, dana yang dikeluarkan pun tidak tetap sama seperti sebelumnya. Hanya saja, untuk SIM Smart ini berbeda, materialnya disertai aplikasi yang cukup tinggi, hingga sulit dipalsukan karena disertai chip dan identitas pribadi,” jelasnya.

Terdapat kelemahan dalam SIM Smart ini, dimana jika SIM Smart hilang maka saldo yang ada di dalamnyapun turut hilang. Namun, untuk menduplicate SIM Smartnya masih tetap bisa diajukan, dengan syarat disertai surat kehilangan dari pihak kepolisian.

“Oleh karena itu kita harus berhati-hati. Jangan mudah menggunakan atau sandi diketahui orang lain, karena siapapun bisa menarik saldo menggunakan SIM kita itu,” tambahnya.

Untuk lounching ini, lanjut Merry, Polresta Palembang baru menyediakan sedikitnya 2 ribu pemohon SIM Smart.

“Karena SIM sudah sistem online, tidak menutup kemungkinan pemohon akan terus bertambah,” tutupnya. (SEL)

LAINNYA