Home / TOKOH / ASN, Arpan : Abdi Masyarakat

ASN, Arpan : Abdi Masyarakat

Palembang, Pelita Sumsel – Menjalankan tugas sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), banyak mengajarkan Nur Muhammad Arpan S.IP M.SI untuk lebih memahami masyarakat. Menurutnya, ASN tidak hanya berkewajiban mengabdi kepada negara, melainkan kepada masyarakat pula.

Banyak pengalaman berharga yang didapatkannya sejak dirinya menjabat sebagai Lurah 8 Ulu, Kecamatan SU I pada tahun 2017 lalu. Ia senang bisa langsung berinteraksi, melayani dan memaksimalkan tugas – tugas dalam melayani masyarakat.

Berdasarkan pengalamannya tersebut, ia mendapat berbagai pengajaran dalam melayani masyarakat. Diantaranya yakni bekerja dengan disiplin, kerja keras, kerja cerdas dan kerja dengan ikhlas.

Pengalaman kian bertambah, ketika Walikota Palembang, mempercayakan dirinya mengemban tugas sebagai Kepala Sub Bagian Dokumentasi dan Penerbitan, Bagian Humas Setda Kota Palembang.

Seiring dengan meningkatnya intensitas interaksi dengan awak media, membuat suami Septiany Meritha, S.ST ini, berusaha mendalami tugas, dan fungsi seorang jurnalis.

“Semua berjalan mengikuti teknologi. Tidak hanya pekerja media, tetapi kami juga ASN, dituntut untuk bisa mengimbangi kemajuan zaman. Karena itu, saya mengapresiasi rekan jurnalis yang tak bisa dilepaskan dari keberhasilan kota Palembang, dibawah pimpinan Harnojoyo saat ini,” ucap bapak tiga anak ini.

Pria lulusan IPDN tahun 2009 ini, sadar betul kondisi dan kesulitan di lapangan yang dihadapi oleh para jurnalis, setelah dirinya mendalami tugas yang diberikan. Belajar dari para senior dan lingkungan, membentuk Arpan sebagai pribadi yang rendah hati dan peka terhadap keadaan.

“Alhamdulilah berkat bekal yang ditamamkan ibu,untuk selalu rendah hati dan menghargai orang lain, yang membuat saya selalu siap dan berusaha menjalankan tugas apapun,”ujarnya.

Arpan menilai hubungan antara jurnalis dan pemerintah harus lebih bersinergi kedepan. Menciptakan iklim kondusif yang mencerdaskan masyarakat. Ditengah banyaknya hoaks yang bermunculan, media yang kredibel harus betul-betul menjadi pilar demokrasi.

“Saya selalu mengajak para awak media, mensosialisasikan program pemerintah, terutama menepis hoax yang menyesatkan,”tutupanya.

Biodata :
Nama : Nur Muhammad Arpan S.IP, M.SI
Istri : Septiany Meritha, S.ST
Anak : 1. Filzah Zhafira Khairunnisa
2. Muhammad Al Fatih
3. Muhammad Farrel

Orang Tua :

Ayah : Asmuni Idris
Ibu : (Alm) Marina

Karir :
– 2006 Institut Pemerintahan Dalam Negeri

– 2009 Staf Protokol Pemkab Ogan Ilir

– 2010 Kasi Pelayanan Umum, Kecamatan Indralaya Raya, Ogan Ilir

– 2012 Sekretaris Lurah Tanjung Raja Timur, Ogan ilir

– 2013 Kasubbag Protokol dan Perjalanan Dinas Kabupaten Ogan Ilir

– 2015 Staf Pemkot Palembang

– 2016 Kasi Perizinan Usaha Pariwisata di Dinas Pariwisata Kota Palembang

– 2017 Lurah 8 Ulu Kecamatan Seberang Ulu I

– 2017 Kasubbag Dokumentasi dan Penerbitan – sekarang

Advertisement
Bagikan Ini Di :