Gambar_Langit Gambar_Langit

PMII Komitmen Kawal Pemilu Damai di Sumsel

waktu baca 2 menit
Sabtu, 30 Mar 2019 18:29 0 110 Admin Pelita

Palembang, Pelita Sumsel – Pengurus Koordinator Cabang (PKC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sumatera Selalan (Sumsel) mendukung hasil rapat Musyawarah Pimpinan Nasional (Muspimnas) ke XVIII di Boyolali Provinsi Jawa Tengah pada (23-02-2019) lalu.

Ketua Pengurus Koordinator Cabang (PKC) Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) Sumatera Selatan, Husin Rianda mengatakan, dalam Mumpimnas tersebut PMII telah mendapatkan rekomendasi internal dan eksternal. Salah satunya untuk mengawal pemilihan umum (Pemilu) tahun 2019 ini agar berlangsung damai.

“Rekomendasi eksternal bahwa PMII siap mengawal Pemilu damai 2019, dan rekomendasi internal PMII Sumsel mendukung penuh atas terbentuknya Pengurus Cabang Internasional (PCI) yakni di Maroko, Taiwan dan Jerman. Dan memang kedepan akan berkembang terus di berbagai negara lainnya,” ujarnya, Sabtu (30/03/2019).

Dijelaskannya, dalam pelaksanaan Pemilu tahun ini, PMII telah secara dejure dipercayai menjadi pemantau Pemilu dengan memiliki sertifikat akreditasi yang dikeluarkan oleh Bawaslu RI. Atas hal tersebut, pihaknya PKC PMII Sumsel akan berkordinasi dengan pihak yang terlibat untuk mendeklarasikan Pemilu damai, terutama dalam menjaga kondusifitas Sumsel agar tetap pada zero konflik dan akan kerap berkoordinasi seperti instansi kepolisian, Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Bawaslu Sumsel.

“Sebagai ketua, saya selalu ingatkan semua kader PMII untuk ikut terlibat memantau wilayahnya masing-masing dalam prosesisi Pemilu, apalagi Sumsel terkenal dengan zero konflik,” jelasnya.

Selain itu, Husin menuturkan jika pihaknya akan tetap berusaha semaksimal mungkin dalam merealisasikan Sumsel agar menjadi Provinsi yang profesional baik dalam bidang infrastruktur maupun SDM.

“Ini menjadi keberhasilan yang langkah bagi PMII, selain menjadi pemantau Pemilu kami siap melaporkan setiap hal berbau negatif, PMII juga menjadi organisasi yang diyakini mampu meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Satu poin lagi yang paling membanggakan, PMII adalah satu satunya organisasi yang memiliki cabang skala Internasional ditengah kemajuan jaman saat ini,” tutup dia.(Yf)

LAINNYA