Gambar_Langit Gambar_Langit

Wayang Palembang Mulai Dilupakan

waktu baca 2 menit
Sabtu, 15 Des 2018 19:38 0 146 Redaktur Pelita Sumsel

Palembang, Pelita Sumsel- Eksistensi wayang kulit Palembang saat ini sudah mulai dilupakan, kesenian wayang ini mulai hilang ditengah-tengah masyarakat serta kurangnya minat untuk mempelajari wayang Palembang

Demi mengenalkqn kembali Komunitas Pecinta Sejarah UIN Raden Fatah Palembang menggelar seminar ” Eksistensi Wayang Kulit Palembang Masa Pra Kesultanan hingga Sekarang” di Aula Fakultas Adab dan Humaniora. Sabtu,(15/12/8).

Salah satu Dalang wayang Palembang,  Kgs. Wirawan Rusdi mengatakan pertunjukan wayang menyajikan aspek-aspek seni secara total, seperti seni sastra, seni rupa, seni drama dan seni tari. Seperti halnya wayang Palembang yang memiliki keunikan tersendiri dengan wayang yang ada di Jawa.

Langkah yang akan dilakukan ntuk memperkenalkan wayang Palembang kepada masyarakat, melalui promosi di koran, radio serta televisi. “kita sudah melakukan berbagai promosi melalui koran, radio dan televisi, tinggal masyarakatnya yang peduli dan mau mengenal wayang Palembang. Ungkapnya.

Harapannya agar kita lebih diperhatikan oleh pemerintah, diberikan pembinaan atau kunjungan-kunjungan kepada kita bukan hanya keperluan mereka saja. Ungkap wirawan saat di wawancarai.

Disatu sisi Vebri Al-Lintani selaku Ketua Dewan Kesenian Palembang menyampaikan Wayang palembang telah menjadi budaya palembang dengan kekhasan yang berbeda dengan wayang dari tempat asalnya Jawa, untuk itu harus dilestarikan oleh berbagai pihak.

“Kesenian itu dinamis, karena itu perlu adanya revitalisasi dan kreativitas artistik terhadap wayang palembang agar lebih diminti oleh masyarakat dan generasi muda saat ini.” ungkapnya. (Leni).

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA