Gambar_Langit Gambar_Langit

Balai Arkeolog Sosialisasikan Hasil Temuan Kepada Pelajar Se Sumsel.

waktu baca 2 menit
Kamis, 9 Agu 2018 13:19 0 98 Redaktur Pelita Sumsel

Reporter : Faldy”fly”Lonardo

Palembang, Pelita Sumsel – Kepala Dinas Pendidikan Sumatera Selatan (Diknas Sumsel), Widodo, mengatakan nantinya akan lahir pemateri-pemateri Nasional, tentang temuan-temuan Arkeolog khususnya tentang Kerajaan Sriwijaya, Lewat ajang sosialisasi seperti yang di gagas Balai Arkeologi Sumsel.

Hal itu diungkapnya, usai pembukaan Sosialisasi hasil penelitian sriwijaya oleh Balai Arkeologi Sumatera Selatan(Sumsel), di Hotel Amaris, Kamis(9/8).

“Kegiatan ini sangat prestisius sekali, semoga ada forum-forum seperti ini yang di gagas Balai Arkeologi Sumsel,”ungkapnya.

Widodo menambahkan bahwa selain pemateri yang akan lahir dari pelajar SMA, dirinya juga berharap untuk menghidupkan semua temuan-temuan ini perlu dikemas lebih menarik lagi, sehingga enak di baca dan dilihat, hal itu bisa melestarikan dan mengembangkan sejarah.

“Nanti dibuat foto yang menarik kita taruh di Cafe-cafe dan ada perpustakan kecil didalamnya ada buku tentang Sriwijaya,”ujarnya.

Sementara itu Kepala Balai Arkeologi Sumsel, Budi Wiyana, mengatakan bahwa hasil dari penelitian ini diharapkan minimalnya diketahui oleh pelajar dan tentunya diharapkan nantinya akan tumbuh ketertarikan pelajar untuk mengenal ilmu arkeologi tersebut.

“Kalau ada Arkeolog suatu saat, asal Sumsel kan itu bisa menjadi suatu kebanggaan buat kita,”ucapnya.

Budi menambahkan selain sosialisasi seperti ini, Balai Arkeologi juga sering mengadakan praktek lapangan yang melibatkan pelajar dan mahasiswa arkeologi di Sumatera Selatan dan juga berkerjasama dengan sekolah-sekolah di Sumsel.

“Di harapkan nantinya bisa menanamkan sejarah itu dengan cara yang ‘fun’ dan ini mudah-mudahan bisa lebih meningkat lagi,”pungkasnya.

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA