Gambar_Langit Gambar_Langit

JO Sriwijaya Sumbang Tiga Wartawan Berkompeten

waktu baca 2 menit
Rabu, 18 Jul 2018 21:50 0 97 Redaktur Pelita Sumsel

Palembang, Pelita Sumsel–Walaupun baru seumur jagung, namun komunitas Jurnalis Online (JO) Sriwijaya mampu menelurkan Jurnalis berkompeten, yang mampu melewat Ujian Kompetensi Wartawan (UKW) yang digelar Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel dan di nyatakan berkompeten,

Adalah Wirangga , Firwanto M Isa dan Iwan Saputra yang mengikuti UKW yang dilaksanankan selama dua hari Selasa-Rabu, 17-18 Juli 201I di kantor SKK Migas lantai 5 Gedung Bank Sumsel Babel Palembang, Rabu (18/07).

Mereka bertiga telah digembleng selama dua hari diberikan pembekalan ilmu dan diuji profesionalismenya, hasilnya dinyatakan lulus atau kompeten sebagai Wartawan Muda pada Uji Kompetensi Wartawan (UKW) tingkat Muda, yang digelar selama dua hari oleh Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Sumsel, (17-18/7).

“Dari 23 peserta yang mengikuti UKW pada hari ini, telah kita nyatakan kompeten berjumlah 19 orang dan belum kompeten berjumlah 4 orang,” kata Sekretaris PWI Sumsel, Firdaus Komar saat penutupan UKW PWI Sumsel tersebut.

Dalam UKW tingkat muda itu, mereka dites oleh empat penguji pusat. Yakni Direktur UKW PWI Pusat, Sayid Iskandar, dan tiga Penguji PWI Sumsel, Afdal Azmi Jambak, Firdaus Komar, serta Jhon Heri.

Direktur UKW PWI, Sayid Iskandar menjelaskan, pelaksanaan UKW telah diatur berdasarkan surat edaran Dewan Pers Nomor 4 tahun 2017 tentang UKW.  “Alhamdulillah untuk hasilnya kita sudah mengetahuinya. Sebanyak 19 orang yang kompeten,” ujarnya.

Sayid berharap, dari hasil UKW tersebut, dari 19 wartawan yang kompeten tersebut agar kedepan dapat terus belajar, serta jangan merasa cukup puas untuk hasil yang diterima dalam UKW tersebut. “Kelulusan selaku wartawan kompeten ini cuma dari pernyataan kita secara formil, tapi kedepan 19 wartawan ini harus tetap terus belajar serta dapat mengikuti UKW pada tingkat berikutnya,” harapnya

Sementara itu, Ketua JO Sriwijaya Ardhy Fitriansyah merasa bangga dengan kualitas jurnalis yang tergabung di JO Sriwijaya, mampu melewatu ujian awal bagi wartawan “Bangga dan bersyukur, ini memjadi motivasi bagi kawan-kawan uang belum ikut,” Ungkapnya

Dikatakan Ardhy, untul melewati rangkaian ujian tersebut para anggota JO Sriwijaya harus memiliki pengalaman menulis dan berlatih “Oleh karena itu kita di JO Sriwijaya menekankan anggota untuk giat dalam menulis, kita anti copy paste, berita harus hasil karya sendiri, sekali lagi seĺamat kepada Wirangga, Yungfir, dan Iwan semoga mampu menjadi motivasi agar lebih baik kedepan,” (Fly)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

LAINNYA