Gambar_Langit Gambar_Langit

Kegiatan Fisik Bisa Membantu Pasien Kanker Payudara Mengurangi Resiko Terjangkit Hingga 40%

waktu baca 2 menit
Kamis, 9 Feb 2017 11:51 0 113 Admin Pelita

Jakarta,Pelita Sumsel – Ketua Yayasan Kanker Indonesia, Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyi, SpPD, KHOM, FACP, mengatakan 90 persen penyebab kanker adalah faktor lingkungan seperti gaya hidup dan makanan.

“Kebiasaan makan sayur dan buah-buahan sebanyak 4 kali dalam sehari, membuat kemungkinan berkurangnya kanker payudara sebanyak 30 persen,” kata Aru dalam konferensi pers Hari Kanker Sedunia, Kamis, 9 Februari 2017.

Selain itu, menurut Aru, kegiatan positif yang terarah juga dapat menjadi terapi ampuh untuk membantu suasana menjadi lebih baik, secara sosial, kognitif, fisik, emosi, maupun dalam mengembangkan diri. “Sehingga membantu proses penyembuhan,” ujarnya

Spirit ‘We can. I can atau ‘Kita bisa. Aku bisa” juga dapat membuat perubahan yang signifikan, sebagaimana setiap orang dapat memainkan peran penting dalam menjaga kesehatan dan kebugarannya. “Dengan terus bergerak secara aktif, maupun dengan berolahraga, tidak mengkonsumsi alkohol, menghindari asap rokok, dan mengurangi konsumsi daging yang diproses,” ujar Aru.

Selain pencegahan, kegiatan fisik yang aktif juga dapat membantu pasien kanker tidak hanya mengatasi dampak dari pengobatan seperti rasa lelah, depresi, dan kerusakan jantung. “Tapi, juga mengurangi risiko penyakit menjadi semakin parah atau terjangkit kembali,” kata Aru.

Aru juga menyebutkan bahwa dalam riset yang diungkapkan dalam Union for International Cancer Control (UICC), diungkapkan  bahwa kegiatan fisik bisa membantu pasien kanker payudara mengurangi risiko terjangkitnya kembali hingga 40 persen. “Kegiatan fisiknya, misalnya olahraga secara ringan dan rutin. Tentu saja jangan lupa selalu mengkonsumsi makanan sehat,” kata dia.

sumber : tempo.co

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA