Gambar_Langit Gambar_Langit

Mobil Terbang Segera Dipasarkan

waktu baca 2 menit
Senin, 9 Jan 2017 08:49 0 155 Redaktur Pelita Sumsel

Pelita Sumsel – Setelah melalui 15 tahun pengembangan, perusahaan teknologi Israeli berharap akhirnya pesawat nirawak (drone) yang mampu membawa muatan seberat 1.500 kg dapat dipasarkan pada 2020 mendatang. The Cormorant, disebut sebagai mobil terbang (flying car) dengan kecepatan 185 km/jam. Kendaraan ini menyelesaikan penerbangan otomotis solo perdananya pada November 2016. Total harga Cormorant diperkirakan US$ 14 juta (Rp 187 miliar).

Para pengembang Urban Aeronotika meyakini drone berwarna hijau gelap yang menggunakan rotor internal dibanding baling-baling helikopter, dapat mengevakuasi orang dari lingkungan yang berbahaya atau memungkinkan kekuatan militer mengamankan akses.

“Coba bayangkan bom atau zat kimia menyebar di dalam kota dan kendaraan ini bisa datang secara robotik, dikemudikan dari jarak jauh, masuk ke jalan, dan membebaskan satu wilayah yang terdampak racun,” ujar pendiri sekaligus CEO Urban Aeronautics Rafi Yoeli kepada Reuters.

Yoeli mengatakan drone lebih aman dibanding helikopter karena benda ini bisa terbang di sela-sela bangunan dan di bawah sambungan kabel listrik. Meski begitu The Cormorant atau sebelumnya dinamakan Air Mule, yang seukuran mobil keluarga, belum memenuhi semua standar Lembaga Aviasi Federal (FAA) AS. Uji terbang pada November lalu memunculkan masalah kecil tentang data berlawanan yang dikirim sensor dalam pesawat.

Dengan 39 paten yang didaftarkan untuk menciptakan The Cormorant, Yoeli sedikit khawatir dengan para pesaing yang berusaha mengejar keunggulan teknologinya. Seorang ahli industri mengatakan teknologi itu dapat menyelamatkan nyawa.

Tal Inbar, Pimpinan Pusat Riset UAV pada Lembaga Fisher Israel untuk Studi Strategis Udara dan Ruang Angkasa, mengatakan: “hal ini dapat mengubah secara radikal beberapa aspek peperangan, termasuk evakuasi medis tentara dalam medan tempur.”(fly)

Redaktur Pelita Sumsel

Media Informasi Terkini Sumatera Selatan

Tidak ada komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

    LAINNYA