Gambar_Langit Gambar_Langit

HD Lepas Ekspor Santan Kelapa Ke China Dan Hongkong Dengan Nilai ekspor Rp. 1.071.840.000

waktu baca 2 menit
Sabtu, 10 Agu 2019 17:50 0 108 Redaktur Romadon

 

Ogan Ilir, Pelita Sumsel – Gubernur Sumatera Selatan (Sumsel)  H. Herman Deru meninjau proses produksi dari  Kelapa Bulat menjadi Santan siap eskpor  di Pabrik PT. Kelapa Puncak Nusantara Jalan Raya Pipa Putih, Kecamatan Pemulutan Kabupaten Ogan Ilir, Sabtu (10/8).

Hal itu dilakukan dalam rangka akselarasi ekspor komoditas pertanian di Pabrik PT. Kelapa Puncak Nusantara.

usai meninjau  prosesing kelapa bulat menjadi santan  selanjutnya gubernur melepas ekspor santan kelapa dari Provinsi Sumsel sebanyak 79.200 Kg ke China dan 12.600 Kg ke Hongkong  dengan senilai ekspor  Rp. 1.071.840.000,-.

“Hari ini luar biasa, kita berangkatkan ekspor santan kelapa ke Cina dan Hongkong. Sebagai kepala daerah, saya sangat bangga, karena ini sebuah langkah besar yang berdampak langsung kepada para petani kelapa,” ungkap Herman Deru.

Dikatakan, apa yang dilakukan pabrik PT. Kelapa Puncak Nusantara patut diapresiasi  karena akan berimbas pada  ekonomi petani kelapa di Sumsel. Untuk itu dirinya atas nama Pemerintah Provinsi Sumsel dan atas nama  petani kelapa mengucapkan terima kasih.

Diceritakannya, beberapa hari setelah dirinyabdilantik sebagai Gubernur  Sumsel  Oktober 2018 lalu. Dirinya bertemu dengan perwakilan petani kelapa yang sempat mengeluhkan rendahnya harga jual kelapa  ditingkat petani berkisar antara Rp. 300 hingga Rp 600 perbutir.

“Ini sebagai pekerjaan rumah. Selanjutnya  Saya gagas membuat produk hilirisasi dari kelapa ini,” tegas Herman Deru.

Dia menilai pohon kelapa punya kelebihan dibanding pohon lain. Misalnya bagian batang  bisa dijadikan  bahan bangunan. Begitu juga dengan bagian daun. Belum lagi bagian buah semuanya banyak manfaat. Karena itu dia  mengajak warga untuk berkreatifitas untuk meningkatkan nilai jual dari bahan baku dari kelapa.

“Maka kita juga dituntut  mengubah pola pikir kita dalam meningkatkan produksi secara komperenshif ,” imbuhnya.

Dirinya juga  mengingatkan semua pihak terkait untuk memberikan insentif kepada para pelaku usaha dalam bentuk memudahkan perizinan. Karena masih banyak komoditas lain yang memiliki nilai jual seperti halnya kelapa.

“Untuk komoditas lain  seperti kopi, duku, durian juga memiliki peluang besar untuk memenuhi kebutuhan pasar ekspor. Kita yakin ini akan  membanggakan Sumsel jika ini kita garap dengan serius,” tandasnya.

Sementara itu,Kepala Balai Karantina Pertanian,  Ali Jamil mengatakan apa yang dilakukan kali ini merupakan

salah satu bentuk mengakselarasi ekspor yang ada di Indonesia khusus di bidang pertanian.

“Hari ini kita buktikan santan kelapa akan kita berangkatkan ke Negara Cina dan  Hongkong,” ucapnya.

Dikatakannya, tidak hanya Negara Cina dan Hongkong yang menerima kelapa dari Sumsel namun juga negara Belanda dan  Amerika Serikat.

LAINNYA