Gambar_Langit Gambar_Langit

Pengamat Sebut Pertarungan Sengit HDCU VS MataHati di Kota Palembang

waktu baca 2 menit
Kamis, 25 Jul 2024 21:33 0 47 Redaktur Romadon

 

 

Palembang, Pelita Sumsel- Di perkirakan pertarungan sengit Pilgub Sumsel, mendatang terjadi antara pasangan HDCU dengan Matahati di Palembang. Di samping karena ibu kota Provinsi, pemilih terbanyak juga terdapat di sini. Diyakini pula yang dapat unggul di Palembang akan menjadi pemenang Pilgub.

“Data survei terakhir untuk Top of Mind antara kedua pasangan ini selisih tak sampai sepuluh persen. HDCU saat ini masih unggul namun sangat mungkin dapat dikejar Matahati,” ungkal pengamat politik Kemas Khoirul Mukhlis, Kamis (25/7/2024).

Hal ini juga karena jumlah yang tidak menginginkan kembali petahana untuk mencalonkan diri cukup besar. Semestinya Matahati bisa memanfaatkan sentimen tersebut.

“Yang disayangkan, calon lain seperti Heri Amalindo hasil survei masih di bawah 5 persen. Sulit untuk mengejar HDCU maupun Matahati, kecuali ada hal luar biasa terjadi. Padahal Heri Amalindo sudah lebih dulu bergerak,” kata Kemas Khoirul Mukhlis lagi.

Mantan Ketua KPU Palembang ini menjelaskan, hal tadi berdasarkan hasil survei yang pihaknya pegang. Bisa jadi berbeda dengan survei lembaga lainnya.

Mukhlis juga menilai antara HDCU dan Matahati sekarang tengah gencar bersosialisasi dan konsolidasi setiap hari tanpa henti. Ini positif, karena semakin banyak menyentuh masyarakat peluang untuk menang juga kian terbuka.

“Polanya hampir sama walau gaya komunikasi antara Herman Deru dengan Mawardi Yahya berbeda. Hanya sedikit ada power Matahati karena selalu didampingi Syahrial Oesman sebagai panglima pemenangan. Sedikit banyak ini berpengaruh,” imbuhnya.

Mukhlis juga berharap walau terbuka potensi duel antara HDCU – Matahati, Pilgub Sumsel mendatang tetap diikuti setidaknya 3 pasang calon.

“Semakin banyak kandidat pasti lebih bagus. Masyarakat memiliki pilihan alternatif. Dan ini bagus untuk meningkatkan partisipasi pemilih,” tutupnya

LAINNYA