Gambar_Langit Gambar_Langit

Miftakul Amin berhasil Buat Model Mengatasi Masalah Duplikasi

waktu baca 2 menit
Selasa, 19 Mar 2024 12:08 0 49 Redaktur Romadon

 

Palembang, Pelita Sumsel – Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya kembali menganugerahkan gelar Doktor bidang Ilmu Teknik dengan bidang kajian utama Teknik Informatika kepada M. Miftakul Amin setelah berhasil mempertahankan disertasinya berjudul “Model dalam Mengatasi Masalah Duplikasi pada Basis Data Riset Menggunakan Pendekatan Threshold-Based dan Rule-Based”

Pada ujian yang berlangsung Selasa, 19 Maret 2024 di Ruang Rapat Dekanat Fakultas Teknik Universitas Sriwijaya Kampus Bukit Besar Palembang. Bertindak sebagai promotor Prof. Deris Stiawan, M.T., Ph.D. dengan ko-promotor Dr. Ermatita, M.Kom.

Disertasi ini melakukan investigasi pada pangkalan data SINTA (Science and Technology Index) dengan sumber data yang berasal dari Web of Science, Scopus, dan Google Scholar. Dengan melihat gejala dan fenomena masih terdapat duplikasi data yang secara logika merujuk pada entitas yang sama, sehingga mengurangi kualitas data yang terdapat di dalamnya.

Tidak selalu adanya informasi yang unik seperti primary key atau unique identifier dalam basis data riset mengakibatkan terjadi duplikasi. Dalam basis data yang besar, duplikasi ini sulit untuk dideteksi.

Duplikasi data ini menjadikan beberapa perhitungan produktifitas publikasi ilmiah menjadi kurang valid, seperti perhitungan impact factor (IF) pada level jurnal dan h-index pada level author, dan beberapa perhitungan sejenis dengan memanfaatkan basis data riset sebagai sumber datanya. Konsep Entity Matching dijadikan sebagai salah satu pendekatan deteksi duplikasi dengan mengkombinasikan pendekatan tradisional menggunakan threshold-based dan rule-based.

Ditinjau dari aspek teknis, pemrosesan entity matching pada umumnya bersifat manual dan menyita waktu, rentan terjadi error, dan tidak relevan diaplikasikan pada jumlah data yang besar, sehingga diperlukan pendekatan yang bersifat semi-otomatis untuk meningkatkan kinerja deteksi duplikasi. Dengan menambahkan rule dapat meningkatkan hasil deteksi yang dilakukan oleh metode threshold-based dan memberikan hasil yang lebih optimal.

Penelitian ini telah menghasilkan luaran pada artikel ilmiah internasional yang dimuat pada prosiding internasional bereputasi dengan judul “Decision Support System using Weighting Similarity Model for Constructing Ground-Truth Dataset” dan jurnal internasional bereputasi dengan judul “Proposed Threshold-Based and Rule-Based Approaches to Detecting Duplicates in Bibliographic Database”.

Hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai salah satu rujukan dalam melakukan deteksi duplikasi pada basis data dengan volume data yang besar.

LAINNYA