Gambar_Langit Gambar_Langit

Ketua Partai di Sumsel Kalah nyaleg, Termasuk Ketua Golkar Sumsel

waktu baca 3 menit
Sabtu, 16 Mar 2024 22:11 0 25 Redaktur Romadon

Palembang, Pelita Sumsel– Ada sekitar 11 Ketua partai di Sumsel, gagal menjadi anggota dewan saat mengikuti pemilihan legislatif (Pileg) 2024. Mereka kalah bersaing dengan Caleg separtai hingga total suara tidak memenuhi raihan kursi.

 

Salah satunya Ketua DPD Partai Golkar Sumsel yang juga incumbent Bobby A Rizaldi dipastikan gagal kembali ke Senayan untuk periode ke-4 karena suaranya tak bisa bersaing dengan Caleg separtai dengannya Dewi Yustisiana di Dapil Sumsel II.

 

Anggota Komisi I DPR RI itu hanya meraih 92.011 suara. Suaranya lebih rendah dari Dewi yang mencapai 115.429 suara. Dewi juga menyingkirkan petahana lain, Tofan Maulana yang hanya raih 83.195 suara. Raihan suara Dewi diluar dugaan DPD Golkar Sumsel.

 

Ketua Bappilu Golkar Sumsel, Islan Hanura mengatakan, Golkar dalam Pileg DPR RI Dapil Sumsel II hanya mendapat 1 kursi. Berbeda dengan Dapil Sumsel I, Golkar mendapat 2 kursi

 

“Iya, Golkar dapat 1 kursi (Dapil Sumsel II), di Dapil II kita bisa 2 kursi. Di Dapil I ada Kahar Muzakir dan Yudha Novanza Utama, sedangkan Dapil Sumsel II ada Dewi Yustisiana,” tegas Islan, Sabtu (16/3/2024)

 

Capaian itu tak memenuhi target 4 kursi DPR RI yang diminta Ketum Golkar Airlangga Hartarto saat berkunjung ke Palembang.

 

Berikut nama – nama ketua partai di Sumsel kalah bersaing di Pileg 2024.

 

1. Ketua DPD Golkar Sumsel, Bobby A Rizaldi yang raih 386.313 suara yang diraih Golkar di DPR RI Dapil Sumsel II, hanya mampu hasilkan 1 kursi. Dewi Yustisiana miliki suara tertinggi yakni 115.429 suara, sementara Bobby hanya 92.011 suara.

 

2. Ketua PKB Sumsel, Ramlan Holdan, yang raih 27.903 suara yang diraih PKB Sumsel belum membuat Ramlan lolos menjadi Anggota DPRD Sumsel. Raihan suara PKB di Dapil Sumsel II berada di posisi ke-8, sementara jatah di Dapil ini hanya 7 kursi.

 

3. Ketua Partai Buruh Sumsel, Ali Hanafiah raih 3.469 suara yang diraih Partai Buruh di Pileg DPRD Sumsel Dapil II tidak menghasilkan kursi.

 

4. Ketua DPW Partai Gelora Sumsel, Erza Saladin yang raih 16.721 suara yang diraih Partai Gelora Sumsel di Pileg DPR RI Dapil Sumsel II tak menghasilkan kursi.

 

5. Ketua DPD Hanura Sumsel, Akhmad Al Azhar raih 34.746 suara yang diraih Hanura di Pileg DPR RI Dapil Sumsel II tak menghasilkan kursi.

 

6. Ketua DPD Garuda Sumsel, Dolmar J Damarjaya raih 2.062 suara yang diraih Garuda di Pileg DPRD Sumsel Dapil Sumsel III tak menghasilkan kursi.

 

7. Ketua DPW PBB Sumsel, Armansyah

raih 4.277 suara yang diraih PBB di Pileg DPRD Sumsel Dapil Sumsel VI tak menghasilkan kurai.

 

8. Ketua DPD PSI Sumsel, Hermanto

raih 24.099 suara yang diraih PSI Sumsel di Pileg DPR RI Dapil Sumsel II tak memghasilkan kursi.

 

9. Ketua DPW Perindo Sumsel, Febuar Rahman raih 4.953 suara yang diraih Perindo Sumsel di Pileg DPRD Sumsel Dapil Sumsel III tak menghasilkan kursi.

 

10. Ketua DPW PPP Sumsel, Agus Sutikno raih 18.938 suara yang diraih PPP di Pileg DPR RI Dapil Sumsel I tak menghasilkan kursi.

 

11. Ketua DPW Partai Ummat Sumsel, Niko Pransisco raih 8.277 suara yang diraih Partai Ummat di Pileg DPR RI Dapil Sumsel II tak menghasilkan kursi.

LAINNYA