Gambar_Langit Gambar_Langit

Terhalang Cuaca, Hilal 1 Ramadhan 1444H Tak Tampak di Langit Palembang

waktu baca 2 menit
Rabu, 22 Mar 2023 20:50 0 215 Redaktur Romadon

 

Palembang, Pelita Sumsel – Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan menggelar pemantauan Rukyatul Hilal di atas Gedung Hotel Aryaduta Palembang, Rabu (22/03/2023). Adapun hasil dari pantauan tersebut Hilal masih belum juga tampak. Hal ini dikarenakan faktor geografis dan kondisi cuaca yang kurang mendukung.

Dengan demikian hasil dari pantauan tersebut langsung dilaporkan kepada Menteri Agama RI sebagai bahan rujukan pada sidang Isbat yang berlangsung di Jakarta.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan Syafitri Irwan, menjelaskan bahwa dirinya beserta jajaran telah melaksanakan pemantauan hilai untuk menetapkan 1 Ramadhan 1444 H namun kondisi wilayah dan cuaca masih belum mendukung.

“Memang Kota Palembang ini bukan tempat yang strategis untuk melihat hilal, meskipun demikian penetapan 1 Syawal 1444 H Insya Allah jatuh pada besok, Kamis 23 Maret 2023. Namun untuk kepastiannya mari kita simak hasil sidang isbat yang akan diputuskan beberapa saat lagi secara nasional,” ujarnya.

Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Sumatera Selatan bersama instansi terkait, telah melakukan Rukyatul Hilal untuk mendukung Penetapan 1 Ramadhan 1444 H, dengan berpegang pada hasil perhitungan bahwa :
Pertama matahari Terbenam pada pukul : 18:12:02 WIB. Ketinggian Hilal di Palembang pada Sore ini 8 derajat 50 menit 16 detik diatas Ufuk Mar’i.
Kedua azimut matahari terbenam 270 derajat 34 menit 03 detik dari Utara ke Timur dan Azimut Bulan terbenam 272 derajat 42 menit 38 detik dari Utara ke Timur.

Ketiga pada saat matahari terbenam, menurut Hisab Hilal sudah di Atas Ufuk, maka Hilal pada sore ini ada kemungkinan dapat di-Rukyat, (namun untuk di Kota Palembang tidak dapat di Rukyat karena pengaruh cuaca).
Selain itu, Berdasarkan Ktriteria Imkanurrukyah terbaru Mabims (Menteri-Menteri Agama Brunai, Indonesia, Malaysia, Singapura) ketinggian Hilal minimal 3 derajat dan Sudut Elongsi minimal 6,4 derajat, maka Tanggal 1 Ramadhan 1444 H diperkirakan jatuh pada hari Kamis, tanggal 23 Maret 2023

LAINNYA