Gambar_Langit Gambar_Langit

Tingkatkan APK Perguruan Tinggi, Disdikbud OKU Timur Gandeng Universitas Terbuka

waktu baca 3 menit
Kamis, 2 Feb 2023 19:34 0 187 Admin Pelita

Pelita Sumsel, OKU Timur – Untuk meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia di Kabupaten OKU Timur melalui Pembangunan Bidan Pendidikan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten OKU Timur menggandeng Universitas Terbuka.

Hal itu ditandai dengan Penandatanganan Memorandum Of Understanding (MoU) antara Pemerintah Kabupaten OKU Timur melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan bersama Pihak Universitas Terbuka Wilayah Sumatera Selatan. Penandatanganan ini disaksikan langsung Gubernur Sumatera Selatan H. Herman Deru, usai pelaksanaan Wisuda UT Periode I Tahun 2023. Selasa (31/01). Bertempat di Gedung Serba Guna Asrama Haji Palembang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan OKU Timur Wakimin, S.Pd MM saat dikonfirmasi mengatakan, Program besar peningkatan APK di Sumsel umunya dan khususnya di Kabupaten OKU Timur tidak bisa dikerjakan oleh Pemerintah Daerah saja, namun perlu juga dibantu dan partisipasi dari pihak Perguruan Tinggi yang ada serta stakeholder lainya.

“Dan Alhamdulillah Universitas Terbuka mengambil peran untuk ikut bersama-sama berupaya meningkatkan APK di Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Sumsel,” ujarnya.

Diterangkan Wakimin Angka Partisipasi Kasar (APK) ialah proporsi anak sekolah pada suatu jenjang pendidikan tertentu dalam kelompok umur yang sesuai dengan jenjang pendidikan tersebut. Semakin tinggi APK berarti semakin banyak anak usia sekolah yang bersekolah di suatu jenjang pendidikan pada suatu wilayah.

“Melalui MoU ini Kedepan Nilai APK kita di OKU Timur diharapkan terus meningkat, sebab dengan tingginya APK salah satu indikator tercapainya pembangunan dalam bidang pendidikan di suatu wilayah,” ujarnya.

Sementara dalam kesempatan tersebut Gubernur Sumsel H. Herman Deru mengajak para intlektual dari kalangan wisudawan/wisudawati Universitas Terbuka (UT) dapat berkontribusi merubah mindset masyarakat dalam menjaga ketahan pangan melalui Gerakan Sumsel Mandiri Pangan (GSMP).

Bupati OKU Timur dua Periode ini juga mengharapkan para alumni UT dapat menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) yang mumpuni dalam membangun daerah agar berguna bagi masyarakat banyak.

Sebagai orang tua, Herman Deru mengingatkan gelar sarjana merupakan beban yang berat. “Saya menaruh harapan besar agar para sarjana di Sumsel bisa meningkatkan perannya di lingkungan sekitar. lembaga telah berkontribusi dalam peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) di Sumsel,” ujarnya

Direktur UT Palembang, Dr. Meita Istianda MSi menambahkan, pengembangan SDM juga bertujuan untuk meningkatkan angka partisipasi kasar pendidikan di daerah melalui kerjasama yang didukung oleh kabupaten/kota dengan memberikan beasiswa kepada mahasiswa UT.

“Selama ini kami telah mendapatkan bantuan dari Pemprov dalam bentuk beasiswa dan mudah-mudahan akan semakin banyak lagi kabupaten/kota yang konsen dalam meningkatkan sdmnya dan melirik UT sebagai alternatif utama untuk pendidikan tinggi,” tukasnya.

Diketahui dalam hal ini Universitas Terbuka Palembang mewisuda sebanyak 1964 orang yang terdiri dari 4 fakultas. Universitas Terbuka telah banyak bertransformasi dengan keunggulan-keunggulan di dalamnya. (*)

LAINNYA