Home / DAERAH / OKU RAYA / OKU TIMUR / Rangkaian HUT PMI ke 77 di Kabupaten OKU Timur, Gelar Berbagai Perlombaan Hingga Kumpulkan 42 Kantong Darah
Ketua PMI OKU Timur dr. Sheila Noberta disaksikan Wabup Yudha saat mengalungkan tanda pengenal bukti telah dimulainya kegiatan

Rangkaian HUT PMI ke 77 di Kabupaten OKU Timur, Gelar Berbagai Perlombaan Hingga Kumpulkan 42 Kantong Darah

OKU Timur, Pelita Sumsel – Dalam Rangka memperingati Hari Ulang Tahun Palang Merah Indonesia (PMI) ke 77, PMI Kabupaten OKU Timur menggelar berbagai kegiatan. Diantaranya Tri lomba PMR tingkat Madya dan Wira se Kabupaten OKU Timur selama tiga hari, 09-11 Desember 2022. Di Bumi Perkemahan Hutan Kota Martapura.

PMI OKU Timur juga menggelar bakti sosial donor darah yang diikuti oleh Anggota TNI dari kesatuan Yon Armed 15/105 Tarik Martapura, Anggota Polres OKU Timur, Pegawai ASN serta masyarakat umum.

Dari hasil donor darah ini, PMI OKU Timur berhasil mengumpulkan 41 kantong Darah. Hadir langsung pada kegiatan ini Ketua PMI OKU Timur dr. Sheila Noberta, Wakil Bupati OKU Timur HM Adi Nugraha Purna Yudha serta sejumlah Kepala OPD dan Kepala Markas PMI OKU Timur Yuliardi.

Ketua PMI OKU Timur dr. Sheila Noberta dalam sambutannya mengatakan, kegiatan donor darah merupakan hal Paling Penting dalam membantu Pemerintah Daerah untuk memenuhi kebutuhan darah di wilayah OKU Timur khususnya. Maka demikian Palang Merah Indonesia mengajak, Badan, Dinas, Kantor, Institusi serta Masyarakat umum yang ingin mendonorkan darahnya untuk kemanusiaan.

“PMR wadah generasi muda untuk mengembangkan kreatifitas dan keterampilan serta kader PMI untuk meneruskan cita-cita pengabdian di tengah-tengah masyarakat. Maka dalam kegiatan hari ini salah satu hal pentingnya pembinaan PMR dalam pengembangan potensi diri untuk membentuk relawan muda yang tanggap, terampil dan menjunjung nilai-nilai kemanusiaan . Baik untuk pribadi, keluarga atau pun untuk masyarakat sekitar,” katanya.

Ditambahkannya, dari pengembangan potensi tersebut dijabarkan melalui kegiatan positif edukatif melalui kegiatan perkemahan dan perlombaan sebagai bentuk kepedulian dan komitmen untuk membentuk Kader Bangsa yang bermutu. “Namun Kegiatan tersebut tidaklah dapat terlaksana tanpa adanya dukungan dari semua pihak baik moril maupun materil,” ujarnya.

Sementara Wakil Bupati OKU Timur HM Adi Nugraha Purna Yudha, S.H usai membuka kegiatan ini secara resmi, dalam sambutannya ia mengatakan, melalui kegiatan ini diharapkan para pelajar dapat konsisten memahami dan menerapkan yang ada dalam 7 prinsip PMR. Masyarakat membutuhkan peran PMR dalam membantu berbagai problema yang ada di masa akan datang atas dasar kemanusiaan.

“Saya berpesan, dalam perlombaan menang kalah pasti ada dan itu hanya bonus kegiatan. Tapi tujuan akhirnya menambah sahabat baru antar sekolah, menambah ilmu baru. Melatih kemandirian, beredukasi, terampil dan sifat Positif lainnya,” ujarnya.

Perlombaan ini memperebutkan tropi bergilir ketua PMI Kabupaten OKU Timur. Dengan membawa tema “Tingkatkan semangat relawanmu yang tangguh dan profesional”

Sebagai Informasi, Perlombaan Tri lomba PMR tingkat Madya dan Wira ini diikuti sebanyak 219 Pelajar yang tergabung di Organisasi PMR dari Sekolah tingkat SMP, MTS, SMK dan SMA di OKU Timur. Untuk Materi yang di perlombakan diantaranya perlombaan Peragaan Pertolongan pertama, Peragaan Tandu Darurat, Peragaan perawatan keluarga, perlombaan seni Mading dan Pentas Seni. (*)

Bagikan Ini Di :