Gambar_Langit Gambar_Langit

UTD PMI OKU Gelar Donor Darah Dan Berikan Penghargaan Kepada Relawan

waktu baca 2 menit
Selasa, 14 Jun 2022 20:17 0 118 Admin Pelita

OKU, Pelita Sumsel – Memperingati hari donor darah se-Dunia, pengurus Palang Merah Indonesia Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) menggelar kegiatan pemberian penghargaan kepada sejumlah organisasi dan kelompok masyarakat serta relawan donor darah yang selama ini telah memberikan bantuan darah guna membantu sesama. Kegiatan dipusatkan di Unit Transfusi Darah (UTD). Selasa (14/6)

Ketua PMI Kabupaten OKU, Yunizir Djakfar SSos MIP mengatakan. Peringatan hari donor darah yang dilaksanakan sebagai bentuk untuk memberikan apresiasi atas pengorbanan para relawan donor darah yang ada di Kabupaten OKU.

“Hari ini PMI OKU menggelar peringatan donor darah sedunia yakni upacara serta pemberian penghargaan dilanjutkan dengan Donor Darah, hali ini untuk mengapresiasi dukungan dari semua pihak yang selalu siap sedia memberikan bantuan donor darah, sudah banyak kelompok masyarakat menjadi relawan donor darah sebagai pejuang memanusiakan manusia,” katanya Pria yang akrab disapa Ujang saat dibincangi awak media.

Kegiatan ini mengundang beberapa komunitas donor darah salah satunya komunitas Donor Darah Desa Baturaden kecamatan Lubuk Raja, Komunitas Majelis taklim pendonor darah beberapa perusahaan yang mendukung kegiatan ini serta para relawan donor darah lainnya.

Lebih lanjut dikatakannya, meski masih banyak yang belum memahami betapa manfaat donor darah itu sangat banyak selain untuk membantu sesama juga bermanfaat bagi kesehatan diri sendiri. “Setetes darah sangat berarti untuk kehidupan, Semoga apa yang kita lakukan selama ini menjadi ladang ibadah dengan menjadi relawan donor darah,” imbuhnya

Disinggung perihal kebutuhan darag di OKU, Ujang mengatakan untuk Kebutuhan darah di OKU tidak bisa dipastikan sebab dalam beberapa kasus tertentu ada pasien yang sangat urgen dalam membutuhkan darah, namun rata-rata kebutuhan darah di OKU bisa mencapai 700 kantong dalam setiap bulannya.

“Kita bersyukur sebab kebutuhan darah ini bisa terpenuhi, baik dari relawan kita maupun relawan keluarga pasien itu sendiri. Tercatat ada sekitar 150 orang pendonor darah yang aktif melakukan donor secara rutin di UTD PMI OKU,” sebutnya

kemudian ditambah beberapa Komunitas donor darah dibeberapa Desa di OKU yang relawannya hampir 200 orang seperti Komunitas Donor Darah Desa Baturaden dan Komunitas Donor darah MTA. “Komunitas ini rutin melaksanakan donor darah bahkan mereka siap dipanggil jika dibutuhkan dalam keadaan Urgent,” tuturnya

Dikahir kegiatan Ketua PMI OKU memberikan penghargaan kepada sejumlah kelompok masyarakat yang telah banyak berbuat sebagai relawan donor darah. Penyerahan penghargaan diserahkan oleh Ketua PMi OKU, Yunizir Djakfar, serta Ketua UTD PMI OKU, dr. Doddy Numirsyah. Selain itu setiap relawan yang mengikuti donor darah kegiatan tersebut diberikan bingkisan dan piagam. (AND)

LAINNYA