Gambar_Langit Gambar_Langit

Amankan Ratusan Dirigen Minyak Goreng Yang Disimpan Dirumah Warga

waktu baca 2 menit
Senin, 21 Feb 2022 20:22 0 132 Admin Pelita

OKU, Pelita Sumsel – Pemerintah kabupaten OKU bersama polres OKU menemukan 4 ton lebih minyak goreng yang di simpan  di salah satu rumah warga, di jalan Rajawali II RT 06/ RW 02 kelurahan sekarjaya Kecamatan Baturaja Timur. 4 ton lebih minyak merk Sovia itu di kemas dalam ratusan Dirigen berukuran 18 liter.

Dari penuturan Feri (36) warga yang tinggal di rumah tersebut menuturkan minyak goreng itu di kirim dari Palembang lewat ekspedisi. “Saya hanya Sales pak, barang ini di. Kirim dari Palembang untuk di jual ke pelanggan khususunya ke pedagang gorengan.,” Tutur Feri.

Di sebutkan Feri minyak goreng itu di kirim sebanyak 236 dirigen dengan kapasitas 18 liter per 1 dirigen nya. Dan sudah ada yang terjual Sisanya di simpan di dalam kamar dapur rumahnya. “Barang ini baru sampai tadi pagi (21/2) dan ini bukan penimbunan,” kilahnya.

Menurut Feri, harga 1 dirigen yang dikirim dari Palembang adalah Rp 338.000 per 1 derijen nya. Kemudian ia menjual kepada pelanggan seharga Rp 343.000  hingga Rp 345.000 per dirigennya.”Saya mulai menjual sejak bulan November tahun 2021 dan ini sudah kiriman  ke 4 kalinya,” lanjutnya.

Sementara itu, PLH Bupati OKU Drs H Edward Chandra yang memimpin langsung inspeksi mendadak (sidak) tersebut mengatakan sidak ini menanggapi keluhan masyarakat terkait kelangkaan minyak goreng di kabupaten OKU. “Kita ingin mengetahui dan menemukan di mana letak tersendatnya distribusi minyak goreng ke masyarakat sehingga terjadi kelangkaan,” ucap PLH Bupati.

Begitu juga Kapolres OKU AKBP Danu Agus Purnomo mengungkapkan temuan minyak goreng tersebut berdasarkan dari penyelidikan unit Intel polres Oku yang di perkuat oleh informasi masyarakat. “Kita mendapat informasi di salah satu rumah penduduk bahwa ada ratusan dirigen minyak goreng. Kalau kita lakukan penyelidikan terkait kebenaran informasi itu. Ternyata benar adanya. Di rumah warga ini kita temukan ratusan dirigen minyak goreng Atau sekitar 4 ton lebih minyak goreng,” ungkap Kapolres.

Saat ini sambung Kapolres pihkanya masih mengembangkan apakah penuaan minyak goreng tersebut sesuai peruntukannya atau tidak.

“Kita masih dalami, karena situasi saat ini sedang terjadi kelangkaan minyak goreng. Sesuai instruksi Kapolda di himbau untuk tidak menimbun bahan pokok yang terjadi kelangkaan. kita akan minta klarifikasi kepada pemilik minyak goreng ini,” pungkas Kapolres.

Pantauan di lapangan, sebanyak 210 dirigen minyak goreng yang di temukan di rumah warga itu, di angkut menggunakan truk Polres OKU menuju polres OKU. (AND)

LAINNYA