Gambar_Langit Gambar_Langit

Endapan Lumpur Di Boster Kemelak Dikuras

waktu baca 2 menit
Sabtu, 19 Feb 2022 19:50 0 148 Admin Pelita

OKU, Pelita Sumsel – PDAM Tirta Raja Kabupaten OKU melakukan pengurasan lumpur di Unit Pelayanan Boster Kemelak, Kecamatan Baturaja Timur, Sabtu (19/2).

“Ya sudah 2 tahun Boster ini tidak dikuras, dan ini kita lakukan pengurasan,” kata Direktur PDAM Tirta Raja OKU Abi Kusno melalui Kabag Teknik Asril didampingi Kasubsi Humas Elfanco saat dibincangi portal ini disela-sela pengurasan.

Dikatakan Asril, Boster ini hanya untuk menampung air bersih yang sudah dikrim dan diolah dari Istalasi Pengolahan air (IPA), “secara teknis boster ini hanya menampung air bersih yang dikirim dari IPA sebelum didistribusikan kepelanggan, jadi endapan lumpur tidak terlalu siginifikan,” bebernya.

Namun meskidemikian, pengurasan ini merupakan perawatan yang dilakukan, hal ini dilakukan tergantung kondisi air sehingga distribusi air kepelanggan bisa terjaga kualitasnya. Untuk IPA lanjutnya idealnya setahun 2 kali pengurasan namun untuk boster bisa melihat kondisi, dan ini sebagai bentuk peningkatan pelayanan kepada pelanggan.

“Kalau tidak dibersihkan khawatirnya akan berdampak pada kualitas air, bukan tidak mungkin akan ada endapan lumpur yang akan memasuki pipa distribusi,” tukasnya.

Sementara itu Kasubsi Humas PDAM Tirta Raja OKU Elfanco menambahkan aktifitas pengurasan ini berdampak pada distribusi air kepelanggan, mulai air mengecil hingga mati total.

Adapun wilayah yang kurasterdampak disebutkan Fanco yakni, Kelurahan Kemelak, Dodiklatpur, Kodim, Kantor Pemkab OKU dan Perumahan Pemda.

“Pengerjaan hari ini saja, setelah selesai mungkin 2-3 jam distribusi kembali normal,” tandasnya. (AnD)

LAINNYA