Gambar_Langit Gambar_Langit

Semende Jadi Tuan Rumah PEDA KTNA Ke-XIV 2021

waktu baca 2 menit
Senin, 15 Nov 2021 13:53 0 119 Redaktur Romadon

Muara Enim, Pelita Sumsel – Kegiatan Pekan Daerah Kontak Tani Nelayan Andalan (PEDA KTNA) XIV Tahun 2021 digelar Kecamatan Semende Raya, Kabupaten Muara Enim, setelah mengalami penundaan karena pandemi Covid-19, akhirnya Pelaksanaan Pekan Daerah (Peda) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) ke XIV tahun 2021 digelar Kecamatan Semende Raya, Kabupaten Muara Enim, Senin (15/11/2021)

Sesuai dengan bidangnya, KTNA mempunyai tujuan khusus yaitu pengembangan usaha-usaha Pertanian. Kemudian memperjuangkan hak petani, serta ikut membimbing penerapan teknologi yang mengarah pada sistem agribisnis, baik hulu maupun hilir.

Dengan di Pusatkan kegiatan Upacara Pembukaan di Lapangan Batu Tiking Desa Pulau Panggung Semende Darat Laut acara ini dibuka oleh Gubernur Sumatera Selatan H.Herman Deru, didampingi Pj Bupati Muara Enim H Nasrun Umar.

Dalam kegiatan tersebut Gubernur Sumatera Selatan secara resmi Melantik dan mengukuhkan Pengurus Kontak Tani Nelayan Andalan KTNA Provinsi Sumatera Selatan masa bakti 2021- 2026.

Dalam kesempatan tersebut Gubernur Menyampaikan Bahwa Kami yakin dan percaya kepada saudara-saudari dalam melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dan penuh tanggung jawab, Semoga tuhan yang maha Esa selalu meridhoi langkah kita semua.

“Dengan disaksikan sang pencipta, dikelilingi bukit barisan nan hijau, saya mengajak semua Bupati / Walikota di Provinsi Sumsel serta semua pemangku kepentingan untuk memprioritaskan pertanian sebagai icon-nya Sumsel, dan saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak terutama para petani dan nelayan telah menggelorakan semangat bertani yang diwujudkan dalam pelaksanaan PEDA KTNA di Bumi Serasan Sekundang,” jelasnya

Sementara itu, sejalan dengan apa yang diutarakan Gubernur Sumsel, Pj Bupati Muara Enim menegaskan bahwa Pemkab. Muara Enim tentunya berkomitmen mendukung cita-cita Bapak Gubernur untuk mewujudkan Sumatera Selatan sebagai Lumbung Pangan dan Food Estate Nasional. Oleh sebab itu, Pemkab. Muara Enim telah menetapkan lahan pertanian berkelanjutan seluas 16.512 (enam belas ribu lima ratus dua belas) hektar yang tersebar di 17 kecamatan yang telah ditetapkan berdasarkan Peraturan Bupati Muara Enim Nomor 56 Tahun 2020 tentang Rencana Perlindungan Lahan Pertanian Berkelanjutan.

Pj Bupati Muara Enim menyapa peserta KTNA yang berasal dari seluruh penjuru Prov. Sumsel dan selaku tuan rumah dirinya berharap agar para peserta dapat merasa nyaman selama berada di Bumi Tunggu Tubang Dataran Tinggi Semende, Kabupaten Muara Enim Sumsel.(NVJ)

LAINNYA