Home / DAERAH / Tembus Final, Italia Dibantu Dewi Fortuna Kandaskan Spanyol
Foto : Pemain Italia saat bertanding

Tembus Final, Italia Dibantu Dewi Fortuna Kandaskan Spanyol

Jakarta, Pelita Sumsel – Dari hasil semifinal Euro 2020/2021, Italia maju ke final usai menyingkirkan Spanyol dalam drama adu penalti setelah kedua tim berimbang 1-1 sampai extra time.

Wembley Stadium, London, menjadi medan duel Italia Vs Spanyol dalam perebutan tiket final Euro 2020, yang tetap mengusung nama resmi itu walaupun digelar tahun 2021 usai terimbas pandemi, pada Rabu (7/7/2021) dini hari WIB.

Pertandingan berjalan sengit dengan kedua tim sama-sama punya peluang, tapi gagal memaksimalkannya di paruh pertama laga. Gol baru lahir sekitar 15 menit babak kedua berjalan.

Sebuah serangan balik dilakukan Gli Azzurri di menit ke-60. Lorenzo Insigne mengirim bola ke Ciro Immobile, tapi masih ada Aymeric Laporte yang memotong. Si kulit bundar tak lama bergerak liar karena Federico Chiesa dengan sigap menguasai. Lewat tusukan di sisi kiri kotak penalti, ia kemudian melepas tembakan akurat yang mengirim bola ke dalam gawang Spanyol.

Tim Matador baru bisa merespons 20 menit berselang. Alvaro Morata, yang masuk sebagai pemain pengganti di pertengahan babak kedua, bekerja sama dengan Dani Olmo sebelum akhirnya melepaskan sepakan mendatar. Gigi Donnarumma tak kuasa menahan bola.

Di sisa waktu normal, sempat ada dugaan pelanggaran berupa handball oleh Giorgio Chiellini. Tapi wasit tidak melihat insiden di kotak penalti itu sebagai pelanggaran. Hasil semifinal Euro 2020/2021 ini pun tak tuntas dalam 2×45 menit.

Laga Italia Vs Spanyol memasuki extra time, tapi tak juga ada gol tambahan yang tercipta. Italia vs Spanyol mesti diselesaikan lewat adu penalti.

Dalam adu tos-tosan, kedua penendang sama-sama gagal melakukan tugas. Ada Manuel Locatelli dan Olmo yang tak bisa mengonversi kesempatan dari titik 12 pas.

Namun, kemenangan Italia akhirnya ditentukan. Alvaro Morata, yang sebelumnya menjaga asa Spanyol di laga ini, tidak mampu mengirim bola ke dalam gawang sebagai penendang keempat. Jorginho, penendang kelima Italia, akhirnya jadi penentu kelolosan. Italia Vs Spanyol tuntas lewat drama adu penalti.

Italia berhak lolos ke final Euro 2020 untuk menghadapi pemenang laga semifinal Inggris vs Denmark.(***)

Bagikan Ini Di :