Gambar_Langit Gambar_Langit

Jelang Ramadhan, Sejumlah TPU Di OKU Ramai Dikunjungi Peziarah

waktu baca 1 menit
Minggu, 11 Apr 2021 10:23 0 103 Admin Pelita

OKU, Pelita Sumsel – Menjelang puasa ramadhan 1442 H/2021, sejumlah tempat pemakaman umum di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) ramai dikunjungi warga yang hendak berziarah kemakam kerabatnya, dalam berziarah, warga tetap menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, Minggu (11/4).

Ziarah kubur merupakan tradisi tahunan khususnya bagi umat muslim jelang memasuki bulan suci ramadhan. Hal tersebut dilakukan untuk mendoakan mendiang sanak saudaranya yang telah lebih dahulu meninggal dunia.

Pantauan di salah satu TPU di OKU (TPU Batukuning), saat berziarah warga tampak membawa kembang dan air serta beberapa peralatan untuk membersihkan makam kerabatnya. Setiba TPU, mereka mengawali dengan membersihkan makam selanjutnya menyiram pusara dan menaburkan bunga diatas makam. Kegiatan tersebut ditutup dengan membaca doa untuk mendiang kerabatnya.

Yulius salah seorang peziarah mengatakan ia bersama keluarganya berziarah kemakam kerabat mereka, tradisi ini rutin mereka lakukan jelang memasuki bulan suci ramdhan.

“Sudah jadi semacam tradisi atau agenda tahunan, biasanya kita selalu kemakam keluarga setiap memasuki bulan ramadhan, ya tujuanya untuk mendoakan mereka yang telah mendahuli (meinggal red) kita,” tukasnya. (AND)

LAINNYA