Gambar_Langit Gambar_Langit

CitraLand dan Kantor Terpadu Pemprov Sumsel Jadikan Kawasan Musi II Bernilai Investasi Tinggi

waktu baca 4 menit
Selasa, 6 Apr 2021 11:19 0 230 Redaktur Romadon

 

Palembang, Pelita Sumsel – Kawasan Musi II Palembang dulunya dikenal sebagai daerah perlintasan yang menghubungkan kota Palembang dengan kabupaten/kota lainnya di Sumsel.

Namun, seiring perkembangan zaman wilayah tersebut kini memiliki nilai investasi yang tinggi. Masifnya pembangunan seperti kantor terpadu Pemprov Sumsel dan keberadaan perumahan elite CitraLand membuat kawasan Musi II cocok dijadikan tempat berinvestasi Wong Kito.

Kantor Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan terpadu direncanakan bakal dipindahkan ke Jalan Mayjen Yusuf Singadekane, Kelurahan Keramasan Kecamatan Kertapati Palembang.

Saat ini, lahan sawah dan rawa seluas 40  hektare itu tengah dilakukan land clearing atau membuka lahan. Belasan alat berat pun setiap hari terlihat tampak tengah sibuk menimbun areal tersebut.

Lokasi Kantor Pemerintahan Sumsel yang baru ini terbilang cukup strategis. Berada di akses jalan lintas,  membuat areal perkantoran tersebut sangat mudah dijangkau menggunakan jalur darat baik menggunakan transportasi pribadi baik roda dua ataupun empat.

Kantor pemerintahan terpadu ini berjarak sekitar 10 kilometer dari pintu masuk tol Kapal Betung,  6 kilometer tol Palindra,  4 kilometer dari Fly Over Keramasan,  100 meter dari perumahan mewah CitraLand,  1 kilometer Jembatan Musi 2 dan 10 Kilometer dari Griya Agung Palembang.

Selain itu, di sekitaran areal kantor terpadu Pemprov Sumsel juga tidak terlalu padat seperti kantor lama Pemprov Sumsel di Jalan Kapten A Rivai Palembang. Di kawasan tersebut terdapat dua SPBU besar, komplek perumahan elite Citra Land dan cukup jauh dari pemukiman warga di Keramasan.

Pembangunan kantor Pemprov Sumsel terpadu tersebut sudah cukup diketahui oleh penduduk sekitar. Pada umumnya mereka sangat mendukung adanya pembangunan kantor Pemprov Sumsel.

Dengan adanya pembangunan areal perkantoran pemerintahan tersebut dinilai warga dapat membuat wilayah mereka jadi lebih hidup dan membuat roda perekonomian di sana menjadi lebih baik.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Pemukiman Sumsel Basyaruddin menjelaskan selama ini lahan kantor Pemprov tersebut
dijadikan warga setempat untuk menumpang bersawah.

Nantinya, di lahan seluas 40 hektare tersebut akan dijadikan kantor terpadu baru. Di dalamnya ada kantor Gubernur Sumsel dan seluruh OPD di Pemprov Sumsel. Proyek ini ditarget rampung 2023 yang diawali pembangunan kantor Gubernur Sumsel dan ditarget selesai akhir tahun depan.

Ia mengungkapkan, jika sudah rampung dan dapat difungsikan, aktivitas pegawai di kantor gubernur akan dipindahkan ke tempat baru. Sementara kantor gubernur lama rencananya dijadikan kawasan perekonomian baru.

“Jika sudah selesai para pegawai ngantor di kantor baru.  Untuk kantor gubernur lama, agar tidak mubazir digunakan pusat perekenomian baru di Palembang,” beber Basyarudin.

Basyaruddin menjelaskan, pembangunan kawasan perkantoran baru bertujuan untuk mempercepat keseimbangan pembangunan antara wilayah Seberang ulu dan Ilir. Menurutnya, kawasan tersebut diharapkan bisa menjadi bangkitan atau prime over kawasan Seberang Ulu di samping kawasan Jakabaring yang menjadi center of gravity.

Terlebih lagi, sambungnya, kawasan Kelurahan Keramasan memiliki beberapa bangunan infrastruktur yang bisa menjadi daya tarik investor. Seperti Terminal Karya Jaya, jalan tol dan Perumahan Citra Land.

“Pembangunan kawasan perkantoran terpadu ini menjadi pelengkap infrastruktur yang sudah ada. Kita tahu sendiri di seberang kita ada perumahan elite Citra Land yang akan membuat kawasan ini menjadi lebih hidup,” katanya.

General Manager CitraLand Palembang, Tony Kustono mengatakan, CitraLand
Palembang merupakan perumahan kota terpadu terbesar oleh Ciputra Group di Palembang. Perumahan CitraLand akan menjadi kota baru dengan luas 280 Ha dan 10
Ha CBD area komersial terbesar di Palembang yang terletak di lokasi strategis kota Palembang ini dimulai dari tahun 2017 dan saat ini terus mengalami pertumbuhan
yang pesat.

Kawasan Perumahan CitraLand ini akan semakin meningkat dengan
pembaharuan komitmennya
untuk mengedepankan konsep
kota yang berkesinambungan, membuat kenyamanan dan keamanan lingkungan rumah tinggal
anda.

“Perumahan ini memiliki gerbang terbesar di Palembang yang akan menjadi Icon baru. Menjadikan perumahan yang prestigious yang menjadi kebanggaan anda,” ujarnya.

Dengan berbagai keunggulan tersebut Perumahan CitraLand Palembang merupakan investasi yang menguntungkan untuk masyarakat. Semakin cepat masyarakat berinvestasi semakin besar keuntungan yang akan diperoleh.

“Perumahan CitraLand ini merupakan investasi yang menguntungkan. Lokasinya dekat perkantoran Pemprov Sumsel, dekat dengan jalan tol dan berbagai akses lainnya. Semakin cepat berinvestasi semakin besar keuntuntungan didapatkan,” ungkapnya. (Ron)

LAINNYA