Home / DAERAH / Camat BP Bangsa Raja Usul Lahan Rawa Dijadikan Lokasi Pertanian Rakyat 
Camat BP Bangsa Raja Muhammad Andrie, S.IP memaparkan usulan dalam Musrenbang Kecamatan

Camat BP Bangsa Raja Usul Lahan Rawa Dijadikan Lokasi Pertanian Rakyat 

OKU Timur, Pelita Sumsel – Dalam paparan Musrenbang ditingkat Kecamatan yang dipusatkan di Kantor Camat BP Peliung, Senin (24/02/2020) Camat BP Bangsa Raja Muhammad Andrie, S.IP memaparkan sejumlah permintaan dari masyarakat. Yang secara keseluruhannya berkaitan dengan pertanian.

Hadir dalam Musrenbang ini Bupati OKU Timur H.M Kholid MD, Kepala Bappeda Litbang, Kapolsek BP Peliung dan perwakilan Danramil Martapura, sejumlah Camat kades dan pendamping Desa.

Dalam paparan ini, beberapa Desa seperti di Desa Muncak Kabau dusun 6 masyarakat menginginkan ada pembangunan saluran pembuangan air untuk mengurangi resiko banjir yang dapat menyebabkan gagal panen, dan memperbaiki jalan disekitar sawah untuk mempermudah membawa hasil panen, “Di kampung 4 Desa Anyar masyarakat meminta dibantu menuntaskan air didalam rawa sekitar sawah setempat sehingga dapat digunakan untuk bercocok tanam,” paparnya.

Sedangkan Masyarakat Desa Sri bunga dan Desa Pandan Sari 2, meminta perbaikan masalah saluran pembuangan air, untuk dilakukan normalisasi dan pelebaran sehingga mengurangi peluapan air di lokasi sawah mereka. “Kita juga mengusulkan perbaikan jembatan yang rusak di Dusun VI desa Anyar, kondisi jembatannya mengganggu kenyamanan masyarakat yang melintas sebab lantai jembatan hanya menggunakan batang kelapa dan bangunan bawahnya juga sudah mengkhawatirkan akan ambles. Jembatan ini sangat vital bagi masyarakat menuju Belitang BK 10,”ujarnya

Beberapa usulan yang disampaikan pada Musrenbang ini upaya Pemerintah Kecamatan BP Bangsa Raja untuk melakukan pengembangan pada potensi pertanian dengan mengoptimalkan lahan rawa, sehingga menumbuhkan kelembagaan ekonomi petani (KEP).

“Potensi luas lahan pertanian di Kecamatan BP Bangsa Raja seluas 7. 484 ha, persentasenya 70 persen lahan sudah dikelola dan 30 persen belum dikelola secara maksimal. Dan terdapat 712,5 ha lahan rawa yang belum dikelola, 600 ha lahan kering yang belum dikelola secara maksimal, jumlah ini perlu sekali dilakukan pengembangan pengoptimalan lahan baik lahan rawa maupun kering, untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Kecamatan BP Bangsa Raja memiliki potensi sumber daya alam untuk dikembangkan pada bidang pertanian, dimana Kecamatan ini dilintasi oleh air sungai Komering sepanjang tahun, dan dilintasi sejumlah irigasi sekunder untuk menopang sawah Irigasi teknis.

Sementara itu Bupati OKU Timur H.M Kholid MD dalam kesempatan tersebut menghimbau kepada seluruh Camat agar memprioritaskan perencanaan pembangunan yang dapat menopang perbaikan perekonomian masyarakat. “Jika Infrastruktur sudah mulai bagus, maka dilanjutkan pada perencanaan peningkatan perekonomian. Untuk itu masyarakat diajarkan cara berinovasi memunculkan produk unggulan yang bernilai ekonomi,” ujarnya. (*)

PelitaSumsel.com Media Terverifikasi Dewan Pers alterntif text PelitaSumsel.com Media Dermawan Versi ACT Sumsel alterntif text
Bagikan Ini Di :
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN OKU